Tutorial Pembuatan Media Promosi Menggunakan Smartphone

PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN BROSUR SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE/DESKTOP


Tanggal : 24 Juli 2021


    Pada tanggal 24 Juli 2021 masyarakat sasaran mendapat materi selanjutnya mengenai pembuatan media promosi menggunakan smartphone. Sama halnya dengan kegiatan sebelumnya, tutorial diberikan melalui video tutorial youtube, agar masyarakat sasaran bisa mengulang video jika ada yang belum dipahami. Aplikasi yang digunakan pada tutorial pembuatan media promosi menggunakan smartphone yaitu Aplikasi Canva. Aplikasi ini dapat diakses dengan mendownload melalui Play Store atau App Store di smartphone.

    Sedikit mengenai aplikasi Canva, Canva adalah aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web,iPhone, dan Android.

Terdapat beberapa fitur-fitur yanga ada pada aplikasi ini seperti:

1. Template Siap Pakai

Fitur utama dan yang membuat jutaan orang menyukainya adalah ketersediaan template yang sangat beragam, walaupun beberapa di antaranya berbayar. Tapi, opsi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai di berbagai acara atau kepentingan. Gampangnya, pilihan gratis Canva tidak akan habis meskipun dipakai untuk desain poster acara berbeda setiap minggunya. Jadi, sudah lebih dari cukup. Tinggal bagaimana kreativitas Anda merancang poster yang menarik.

2. Font

Setelah template dipilih, selanjutnya pengguna bisa mengubah teks termasuk jenis hurufnya. Ada ratusan jenis huruf (font) yang bisa dipilih, tergantung selera Anda. Saya cukup puas dengan opsi yang mereka suguhkan, terlebih prosedur penggunaannya tidak berbelit-belit.

3. Warna

Jika huruf sudah diganti, pengguna juga boleh mengubah warna teksnya. Pilihan warnanya juga beragam dan sepertinya Canva cenderung menyarankan opsi warna yang populer.

4. Format

Format juga didukung di Canva, sehingga pengguna bisa memilih untuk menampilkan teks dalam cetak miring, tebal atau kapital. Kemudian ada juga pilihan perataan, bisa rata kiri, tengah atau kanan. Lalu, Canva juga menyediakan opsi untuk mengatur jarak antar karakter dan baris, istilahnya spacing.

5. Background

Nah, ini bagian yang tak boleh ketinggalan. Canva memberikan banyak opsi untuk mengubah tampilan background, di antaranya mengambil foto dari galeri memori lokal, gambar dari Canva, warna solid dan juga pemanis berupa filter.


    Aplikasi canva ini sudah sangat memudahkan pengguna, sehingga pengguna tidak perlu susah panyah unutk mengerti maksud dan tujuan aplikasi ini. Dengan adanya pelatihan pembuatan media promosi menggunakan smartphone ini, diharapakan masyarakat sasaran yang tidak memiliki desktop/laptop bisa menuangkan kreativitasnya melalui aplikasi smartphone.

Video tutorial pembuatan media promosi menggunakan smartphone dapat diakses melalui link berikut Tutorial Pembuatan Desain Brosur menggunakan Aplikasi Canva




Tentang Penulis