Wawancara Evaluasi Kegiatan KKNbD, Pemberian Kenang-kenangan sekaligus Perpisahan bersama Masyarakat Sasaran di Perumahan Kandung V, Kerambitan, Tabanan.

   Dalam minggu kelima sekaligus minggu terakhir pelaksanaan KKNbD, penulis melakukan wawancara terhadap masyarakat sasaran setelah kegiatan di Minggu keempat yang tertunda sudah selesai dilakukan. Pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 pukul 14.00 – 17.00, penulis berbuncang-bincang dengan masyarakat sasaran, namun sangat disayangkan 3 orang masyarakat sasaran tidak bisa hadir secara langsung ikut berbincang dengan penulis dikarenakan kondisi mereka yang sedang sakit. Disini penulis memutuskan untuk mengajak perwakilan masing-masing dari usaha, yakni usaha catering rumahan diwakili oleh Bu Puji dan usaha laundry rumahan diwakili oleh Bu Carini untuk memberikan kesan pesan dan berkomentar terkait pelaksanaan KKNbD yang sudah dilakukan selama ini.

     Penulis menyiapkan wawancara secara langsung dengan 5 pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. 5 pertanyaan tersebut yakni sebagai berikut.

1. Apakah manfaat yang dirasakan selama program KKNbD berlangsung?

2. Adakah kekurangan dan hal yang tidak menyenangkan terjadi selama program ini berlangsung? Jika ada, mengapa demikian?

3. Bagaimana keuntungan usaha yang didapat? Apakah berdampak baik atau tidak ada perubahan?

4. Apa ide yang paling berkesan selama program ini berlangsung dan akankah terus dikembangkan ke depannya?

5. Apakah pantas dikatakan bahwa program KKNbD di Perumahan Mandung V, Desa Mandung Gede, Kerambitan ini berjalan dengan sukses?

Pertanyaan dijawab oleh Bu Puji dan Bu Carini. Dan untuk masyarakat sasaran lainnya, pertanyaan diajukan melalui telepon. 

     Setelah proses wawancara selesai, penulis memberikan sekotak masker dan juga beras 5 kg. Dengan berakhirnya program ini, usaha catering rumahan tidak jadi gulung tikar dan usaha laundry rumahan juga semakin semangat mengembangkan bisnisnya. Pekerja di setiap usaha pun menemukan semangatnya kembali. Sekian dan terima kasih.





Tentang Penulis
Herlina Auriellas Zalsa Bella