BLOG 1 - KKNbD di Desa Sipora Jaya pada Masa Pandemi Covid19

Pada masa Pandemi Covid19 Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) tetap melakukan KKN dengan basis Daring, mahasiswa melakukan KKNbD di desa tempat tinggal masing-masing, ini bertujuan agar mahasiswa tetap dapat mendapatkan pengalaman belajar hidup di masyarakat melalui keterlibatan dalam menemukan, mengenali, menganalisis potensi dan memecahkan permasalahan yang sedang di alami masayarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).

   Kebijakan pemerintah untuk melakukan pengurangan aktivitas (Lockdown), juga berpengaruh pada sektor perekonomian secara signifikan, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena terbatasnya akses untuk berwirausaha secara normal dengan sistem offline. Adanya kebijakan tersebut sangat mempersulit para penjual maupun konsumen untuk mencukupi kebutuhannya. Pembatasan aktivitas di luar rumah membuat para pelaku UMKM beralih cara dalam memperjual belikan produk nya, dengan berjualan secara online, mengingat masa kini di era yang erat dengan teknologi canggih yang mempermudah komunikasi dan interaksi semua orang melalui media sosial, dengan media sosial para pelaku UMKM tetap dapat memasarkan jualannya. Karena semua pelaku UMKM berlomba-lomba memasarkan produknya di media sosial tentu ini menjadi saingan tersendiri bagi para pelaku UMKM, dari observasi tersebut penulis menemukan permasalahan yang di alami oleh pelaku UMKM yaitu kurangnya kreativitas promosi UMKM lokal sebagai suatu strategi pemasaran suatu usaha, sehingga penulis dapat memberikan penawaran solusi untuk mengatasi permasalahn tersebut. Solusi yang di tawarkan adalah memberikan sosialisasi tentang strategi pemasaran produk dan pelatihan pembuatan poster dan logo usaha menggunakan Aplikasi Canva menggunakan ponsel pintar (smartphone). Tujuan dari program ini agar para pelaku UMKM dapat mengetahui strategi pemasaran dan dapat meningkatkan kreativitas promosi UMKM, serta mencapai target yaitu para pelaku UMKM dapat membuat poster dan logo, sehingga dapat dengan mudah mempromosikan usahanya. Metode yang digunakan untuk menjalankan program ini adalah pendekatan sosial berbasis daring yang berupa pengawasan dan pembimbingan dalam pembuatan poster dan logo produksi menggunakan Aplikasi Canva melalui Whatsapp Group dan video conference Google Meet.

    Penulis memilih melakukan KKNbD di Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat sasaran adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Persoalan yang di hadapi oleh para pelaku UMKM di Desa Sipora Jaya adalah kurangnya pengetahuan tentang teknik dalam pemasaran, kurangnya pengetahuan mengenai media pemasaran berbasis teknologi dan kurangnya kreativitas dan pelatihan dalam penggunaan media pemasaran teknologi tersebut. Dari persoalan yang di hadapi para pelaku UMKM Desa Sipora Jaya tersebut maka penulis menemukan ide kreatif sebagai sebuah solusi dari permaslahan tersebut yang sesuai dengan judul program kerja ini yaitu “Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Promosi UMKM Lokal”. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu permasalahan yang di hadapi oleh para pelaku UMKM Desa Sipora Jaya.