DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR
- Oleh I Komang Sutrisna Putra Widana S
- Wednesday 07/07/2021
- Kelompok 176, Kelompok, Kelompok
DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran
pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di
Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan
pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya
kualitas keterampilan murid. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi
pembelajaran daring di rumah pada siswa Sekolah Dasar akibat dari adanya pandemi
Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yakni
penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala
yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu
penguasaan teknologi masih kurang; penambahan biaya kuota internet; adanya
pekerjaan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar; komunikasi dan
sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang; dan jam kerja yang
menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan
orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.
Kata kunci: Pandemi covid-19, Pembelajaran daring