Evaluasi Kegiatan dengan Masyarakat Sasaran

Pada hari Jumat, 30 Juli 2021, saya selaku penulis melakukan evaluasi kegiatan dengan masyarakat sasaran yang terdiri dari 2 guru di SD Negeri 4 Panjer dan 3 guru di SD Negeri 6 Panjer terkait kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint yang telah dilakukan. Evaluasi kegiatan ini dilakukan secara online dari pukul 12.00 – 15.00 WITA melalui kuesioner yang telah dibuat dengan Google Form. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan kegiatan, kesan masyarakat sasaran, dan juga saran masyarakat sasaran terkait kegiatan pelatihan yang telah dilakukan.

Evaluasi kegiatan ini rencana awalnya akan saya lakukan dengan metode wawancara bersama masyarakat sasaran melalui chat pribadi Whatsapp, namun ketika program evaluasi kegiatan tersebut dilaksanakan, kegiatan ini saya lakukan dengan metode kuesioner yang dibuat melalui Google Form dengan pertimbangan bahwa penggunaan kuesioner melalui Google Form tersebut lebih efisien. Hal tersebut karena jika saya menggunakan kuesioner yang dibuat melalui Google Form, pertama-tama saya hanya perlu membuat daftar pertanyaan terkait evaluasi kegiatan pelatihan tersebut terlebih dahulu, kemudian mengirimkan link kuesioner tersebut kepada masing-masing masyarakat sasaran melalui chat pribadi Whatsapp, dan kemudian ketika guru selaku masyarakat sasaran membaca chat tersebut, guru bisa langsung memberikan jawaban mereka terkait pertanyaan yang terdapat pada kuesioner dengan mengklik link yang telah diberikan dan mengirimkan jawabannya tersebut. Sedangkan, jika saya melakukannya dengan wawancara secara pribadi melalui chat pribadi Whatsapp dengan masing-masing masyarakat sasaran, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu guru membaca chat, kemudian membalas chat, dan kemudian memberikan pertanyaan lagi ke masing-masing guru bisa membutuhkan waktu yang sangat lama dan tentunya juga bisa mengganggu kesibukan dari masing-masing guru tersebut. Oleh karena itu, evaluasi kegiatan ini saya lakukan dengan menggunakan metode kuesioner melalui Google Form.

Kemudian, berdasarkan kuesioner yang telah diberikan kepada masyarakat sasaran tersebut, didapatkan hasil bahwa 100% masyarakat sasaran menyatakan bahwa pada saat menyampaikan materi pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video tersebut mahasiswa komunikatif, kemudian 100% masyarakat sasaran juga menyatakan bahwa pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video yang diberikan tersebut bermanfaat, kemudian dari seluruh masyarakat sasaran yang telah mengikuti pelatihan tersebut 80% diantaranya menyatakan sudah bisa membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint setelah diadakannya pelatihan dan 20% sisanya menyatakan cukup bisa membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint setelah diadakannya pelatihan, serta terdapat juga beberapa kesan dan saran yang disampaikan oleh para guru selaku masyarakat sasaran terkait pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video tang telah dilakukan ini.

Tentang Penulis