Evaluasi Kegiatan KKNbD Selama 1 Bulan dari Mahasiswa kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Putri Nadia Rachmah
- Sunday 01/08/2021
- Kelompok 96, Kelompok, Kelompok
28 Juli 2021
Pada hari Rabu, sekitar pukul 15:03 - 19:31 telah dilaksanakan kegiatan evaluasi KKNbD selama 1 Bulan dari Mahasiswa kepada Masyarakat Sasaran. Kegiatan ini dilakukan secara online dengan cara menyebarkan link form evaluasi melalui Group WhatsApp chat yang telah dibuat sebelumnya. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini ialah untuk mengetahui pendapat, saran, dan kritik dari masyarakat terkait sosialisasi dan pelatihan yang telah diberikan oleh mahasiswa kepada masyarakat sasaran selama kegiatan KKNbD berlangsung.
Kegiatan ini diawali dengan penyapaan kepada masyarakat lalu dilanjutkan dengan penyebaran link google form evaluasi pelaksanaan kegiatan. Mahasiswa sengaja memberi waktu cukup lama yakni selama kurang lebih 4 jam untuk memberi kesempatan kepada masyarakat agar mencermati setiap pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa. Dalam hal ini, kendala yang dialami sama dengan kendala-kendala sebelumnya yakni adanya masyarakat sasaran yang masih terlambat dalam mengisi evaluasi sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Namun hal tersebut tidak mengurangi keberlancaran evaluasi. Puji syukur seluruh masyarakat dapat mengisi form evaluasi yang diberikan. Lalu kendala kedua ialah mahasiswa yang tidak menyadari adanya poin pada setiap pertanyaan yang diajukan sebagaimana yang tertera pada foto kegiatan. Namun hal ini tidaklah berpengaruh terhadap hasil jawaban dari masyarakat sasaran.
Dan yang terakhir, hasil dari jawaban atas form evaluasi kegiatan KKNbD selama kurang lebih satu bulan ini sudah cukup memuaskan. Berikut merupakan link hasil evaluasi yang telah diisi oleh masyarakat sasaran
https://drive.google.com/drive/folders/1HzP9eJMRE291FohAjegfOMFCXudh0xDV?usp=sharing
Berikut merupakan link evaluasi yang diisi oleh masyarakat
https://forms.gle/zjAUvsZzy4wwUr5q7
Sedikit informasi, untuk form evaluasi ini dibagi ke dalam dua komponen sesuai dengan materi yang diberikan oleh mahasiswa antara lain yakni Kepercayaan Konsumen dan Konten Visul. Alasan dilakukan hal ini ialah untuk menspesifikasikan masing-masing kegiatan dimana dalam materi kepercayaan konsumen terdiri atas kegiatan sosialisasi dan diskusi saja, sedangkan dalam materi Konten Visual terdiri atas kegiatan sosialisasi, diskusi, dan pelatihan yang diiringi dengan pemberian serta pengumpulan tugas dari masing-masing masyarakat sasaran. Lalu pada pertanyaan terakhir, terdapat general question dimana mahasiswa menanyakan seputar kritik dan saran terkait dengan kegiatan mulai dari sosialisasi hingga pelatihan selama satu bulan kepada masyarakat
Sekian dari blog hari ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih