Evaluasi Program Kerja Pelatihan Penggunaan Media Quizizz bagi Guru-Guru SMA PGRI 1 Amlapura untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Rumah Selama Masa Pandemi

Sabtu, 1 Juli 2020.

Pada tahap akhir ini, dilakukan evaluasi program kerja secara partisipasif menggunakan kuisioner daring via google form dan diskusi via WhatsApp grup. Dari hasil pengisian kuisioner akan dianalisis apakah program yang dilaksanakan mampu menjawab persoalan masyarakat sasaran. 

Pada evaluasi ini terdapat 3 aspek penilaian yaitu isi materi, pemaparan materi, dan diskusi/pendampingan. Dalam kuisioner terdapat 10 butir pertanyaan positif dengan 5 alternatif pilahan jawaban. Untuk alternatif jawaban dalam kuisioner, penyusun menetapkan pertanyaan positif sehingga “Sangat Setuju” = 5, “Setuju” = 4, “Ragu-ragu” = 3, “Tidak Setuju” = 2, dan “Sangat Tidak Setuju” = 1. Adapun kuisioner, respon, dan skoring  terlampir.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh penilaian masyarakat sasaran terhadap program kerja mendapatkan persentase 92%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan program kerja Pelatihan Penggunaan Media Quizizz bagi Guru-Guru SMA PGRI 1 Amlapura untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Rumah Selama Masa Pandemi yang selama ini telah berjalan terkategori "Sangat Baik". Artinya dengan penerapan game edukasi Quizizz mampu meningkatkan pengetahuan guru mengenai media belajar yang menarik sehingga motivasi belajar siswa di rumah selama masa pandemi COVID-19 ini tidak menurun. Jadi dapat dikatakan, program KMbD ini memberikan  manfaat dan mencapai target yang sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Berdasarkan instrumen penilaian pada masyarakat sasaran, masyarakat sasaran memberikan beberapa saran/komentar sebagai berikut.

  1. Pelatihan Quizizz ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran daring di masa pandemi.
  2. Belajar lebih asik dengan aplikasi Quizziz keren. Pelatihannya juga bagus dituntun sehingga guru mudah memahami.
  3. Program pelatihan dan pendampingan ini sangat membantu saya menciptakan pembelajaran yang seru di masa belajar dari rumah.
  4. Bagus sekali, memudahkan guru dalam pembelajaran daring, siswa juga suka terhadap Quizizz, pembelajaran menjadi menyenangkan.
  5. Lebih diperhatikan lagi waktu pelaksanaan uji coba Quizizz ke siswanya agar sesuai dengan jadwal belajar siswa di sekolah.

Adapun kendala-kendala yang dihadapi selama proses pelaksanaan program kerja secara keseluruhan sebagai berikut.

  1. Beberapa masyarakat sasaran  sempat mengalami kesusahan dalam menerapkan apa yang diarahkan dalam video tutorial pada beberapa tahap, namun hal ini telah mampu teratasi dengan adanya kegiatan pendampingan dan diskusi.
  2. Sulitnya menyesuaikan jadwal kegiatan uji coba Quizizz kepada siswa dengan jadwal kegiatan belajar mengajar di SMA PGRI 1 Amlapura, namun hal ini telah mampu teratasi setelah dikomunikasikan lebih lanjut.

Lampiran

Kuisioner EvaluasiProgram Kerja :

https://docs.google.com/forms/d/1YgoH1pszDjxSlVWBP3-uPDOkDZdiDIVjeS4GpTpEQRo/edit?usp=drivesdk

Data Respons Kuisioner Program Kerja:

https://drive.google.com/file/d/1ol1f4aIcYqM_KuIJG9JeXmhVPgGcy7g8/view?usp=drivesdk

Skoring Kuisioner Evaluasi Program Kerja :

https://drive.google.com/file/d/1x6DeHDasMWgRKWhjH08xZ0NX5nI_01dX/view?usp=drivesdk