Evaluasi Program Kerja Peningkatan Pemahaman Materi IPA Siswa Sasaran
- Oleh Desak Nyoman Srinadi
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 195, Kelompok, Kelompok
Kegiatan Evaluasi Siswa Sasaran pada Materi Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda serta Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif serta Evaluasi Kegiatan Pembelajaran IPA melalui WhatsApp
Sabtu, 1 Agustus 2020
Pembelajaran IPA berbasis WhatsApp pada materi Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda serta Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif telah selesai dibelajarkan selama 4 minggu. Selanjutnya, untuk mengetahui hasil belajar siswa, penulis melaksanakan kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini juga bertujuan untuk mengukur efektivitas program kerja penulis yaitu Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi IPA. Evaluasi dilaksanakan via google forms pada tanggal 1 Agustus 2020. Karena materi IPA yang dibelajarkan selama KMbD ini sebanyak dua materi, maka siswa melaksanakan dua kegiatan evaluasi yaitu evaluasi pada materi Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda serta materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. Berikut merupakan link evaluasi masing-masing materi:
1. Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Analisis dari hasil evaluasi siswa sasaran dengan menggunakan konversi nilai sesuai dengan Permendikbud Nomor 81A Tentang Implementasi Kurikulum 2013 (terlampir) yaitu sebagi berikut:
1. Pada materi Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda, 1 orang mendapatkan A-, 1 orang B, 1 orang B-, 1 orang C+ dan 1 orang C. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman siswa pada materi Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda yaitu B- (Baik).
2. Pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif, 2 orang siswa mendapatkan nilai A, 1 orang B+, 1 orang B- dan 1 orang C. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman siswa pada Zat Aditif dan Zat Adiktif yaitu B (Baik);
Berikut merupkan hasil evaluasi siswa sasaran:
1. Hasil Evaluasi pada Materi Gerak Makhluk Hidup dan Benda
2. Hasil Evaluasi pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif
Selain melaksanakan evaluasi pada materi yang dibelajarkan, penulis juga melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran IPA berbasis WhatsApp. Berikut merupakan hasil evaluasi kegiatan pembelajaran IPA berbasis WhatsApp.
Hasil Evaluasi Kegiatan Pembelajaran IPA berbasis WhatsApp
Kendala yang penulis alami selama KMbD ini yaitu sebagai berikut.
1. Jadwal kegiatan yang tidak sesuai proposal yaitu kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan pada Hari Sabtu (25/07/2020) ditunda karena kesibukan siswa sasaran di sekolah.
2. Siswa sasaran yang hadir tidak tepat waktu saat pembelajaran. Waktu pelaksanaan pembelajaran disepakati bersama pada H-1 kegiatan pembelajaran dimulai. Namun terdapat beberapa siswa sasaran yang terlambat bergabung karena kesibukan siswa sasaran dirumah mereka masing-masing.
3. Siswa sasaran tidak aktif bertanya ketika diberikan materi IPA. Ahasil penulis sulit mengetahui tingkat pemahaman siswa sasaran saat pembelajaran.
Adapun solusi yang penulis berikan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu sebagai berikut.
1. Ketika kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan pada hari Sabtu (25/07/2020), namun siswa sasaran memiliki kesibukan pada hari tersebut, sehingga penulis menyarankan agar pembelajaran dilaksanakan pada hari esoknya yaitu Minggu (26/07/2020) dan siswa sasaran menyepakati hal tersebut.
2. Ketika siswa sasaran hadir tidak tepat waktu, penulis memberikan waktu kepada siswa sasaran untuk mencermati hasil diskusi yang sudah tertinggal. Selanjutnya penulis memberikan waktu kepada siswa sasaran yang hadir tidak tepat waktu untuk memberikan pertanyaan lewat grup ataupun personal chat walaupun pertemuan sudah ditutup.