Evaluasi Program Kerja yang Telah Dilaksanakan

Evaluasi terkait program kerja bertujuan guna mengetahui pelaksanaan dari kegiatan KKNbD apakah telah berjalan dengan baik atau terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hasil dari evaluasi ini nantinya berguna dalam penyusunan laporan akhir KKNbD Undiksha tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Komang Puja Astana. Dalam program kerja ini dilaksanakan di Desa Sambirenteng yang mana kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari yaitu pada Senin 26 Juli 2021 dan kamis 29 Juli 2021.

Pada Senin, 26 Juli 2021 dilakuakan penyusunan bahan evaluasi yaitu dengan pembuatan kuisioner melalui media Google Formulir. Pemilihan media ini didasari dari mudahnya penggunaan dan sangat membantu dimasa pandemi ini karena tidak perlu mengunjungi masyarakat sasaran sesara langsung untuk bertanya tentang proses kegiatan. Dalam evaluasi ini ditanyakan beberapa pertanyaan yaitu identitas masyarakat sasaran dan pertanyaan tentang hal-hal yang terkait dengan program kerja KKNbD yang telah  dilaksanakan yang nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh masing-masing masyarakat sasaran. Setelah bahan evaluasi disusun kemudian link dari Google Formulir disebarkan kepada masyarakat melalui WhatsApp Grup. Google Formulir evaluasi KKNbD dapat diakses melalui link berikut ini: https://forms.gle/dY2LTrRg3BDcxzGJA.

Dihari kedua yaitu Kamis 29 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan evaluasi dari jawaban yang dikirimkan oleh masyarakat sasaran. Jawaban dari masyarakat sasaran yang berjumlah lima orang secara ringkas sebagai berikut:

1.     Semua masyarakat sasaran sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.

2.     Sebanyak 80% (4 orang) menyatakan bahwa pelatihan ini mungkin dapat membantu menyambung hidupnya dimasa pandemi Covid-19 dan sisanya menjawab bahwa pelatihan pembuatan umpan pancing dan pemasaran produk berbasis online ini dapat membantunya menyambung hidup dimasa pandemi Covid-19.

3.     Semua masyarakat sasaran menyatakan bahwa vidio pelatihan pembuatan umpan pancing dan penjualan produk berbasin online menarik dan mudah untuk dipahami.

4.     Semua masyarakat menyatakan bahwa dengan pemberian bantuan bahan pembuatan umpan pancing sangat membantu dan menambah semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

5.     Semua masyarakat sasaran mengirimkan foto sebagai bukti bahwa mereka telah bisa dalam membuat umpan pancing.

6.     Sebanyak dua orang masyarakat sasaran menyatakan bahwa awalnya mereka belum memahami tentang vaksinasi Covid-19 dan sisanya menyatakan bahwa mereka mungkin (masih terdapat salah pemahaman) kurang tau tentang apa itu vaksinasi Covid-19.

7.     Semua masyarakat sasaran menyatakan bahwa setelah menonton vidio yang berjudul “Pentingnya Vaksinasi dalam Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19” mereka memahami tentang pentingnya vakssinasi Covid-19 dan bersedia ikut serta dalam melancarkan program vaksinasi Covid-19.

8.     Secara garis besar mereka bersedia ikut serta dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 karena mereka percaya bahwa dengan vaksinasi Covid-19 dapat memutus rantai penyebaran virus korona dan mempercepat perbaikan keadaaan agar mereda dapat bekerja dan beraktivitas seperti sebelum adanya Covid-19.

9.     Dapat disimpulkan dari kelima jawaban yang diberikan oleh masyarakat sasaran dari pertanyaan tentang kesedian ikut serta dalam kegiatan KKNbD adalah mereka beralasan karena memiliki waktu luang dan berminat dengan pelatihan pembuatan umpan pancing yang mungkin dapat menjadi peluang usahanya saat ini atau nanti.

Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat sasaran tertarik dengan kegiatan pelatihan pembuatan umpan pancing dan pemasaran produk berbasis online. Alasan dari ketertariakan ini adalah adanya waktu luang dan masyarakat merasa bahwa pelatihan ini dapat berguna baginya. Selain itu masyarakat menyukai pelatihan ini karena pelatihannya mudah yaitu dengan menonton video pelatihan yang menarik ditonton serta adanya pemberian bantuan bahan pelatihan yang sangat berguna baginya sehingga mereka dapat lebih bersemangat mengikuti pelatihan dan hal itu terbukti dengan semua masyarakat sasaran telah bisa membuat umpan pancing. Selain pelatihan pembuatan umpan pancing dan pemasaran produk bersbasis online, masyarakat juga dapat lebih memahami tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 dari menonton video yang telah dibagikan. 

Tentang Penulis