Evaluasi Program Kerja yang Telah Dilaksanakan
- Oleh Komang Puja Astana
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 294, Kelompok, Kelompok
Evaluasi terkait program kerja bertujuan guna
mengetahui pelaksanaan dari kegiatan KKNbD apakah telah berjalan dengan baik
atau terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hasil dari evaluasi ini nantinya
berguna dalam penyusunan laporan akhir KKNbD Undiksha tahun 2021 yang dilaksanakan
oleh Komang Puja Astana. Dalam program kerja ini dilaksanakan di Desa
Sambirenteng yang mana kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari yaitu pada
Senin 26 Juli 2021 dan kamis 29 Juli 2021.
Pada Senin, 26 Juli 2021 dilakuakan
penyusunan bahan evaluasi yaitu dengan pembuatan kuisioner melalui media Google
Formulir. Pemilihan media ini didasari dari mudahnya penggunaan dan sangat
membantu dimasa pandemi ini karena tidak perlu mengunjungi masyarakat sasaran sesara
langsung untuk bertanya tentang proses kegiatan. Dalam evaluasi ini ditanyakan
beberapa pertanyaan yaitu identitas masyarakat sasaran dan pertanyaan tentang
hal-hal yang terkait dengan program kerja KKNbD yang telah dilaksanakan yang nantinya pertanyaan itu akan
dijawab oleh masing-masing masyarakat sasaran. Setelah bahan evaluasi disusun
kemudian link dari Google Formulir disebarkan
kepada masyarakat melalui WhatsApp
Grup. Google Formulir evaluasi KKNbD dapat
diakses melalui link berikut ini: https://forms.gle/dY2LTrRg3BDcxzGJA.
Dihari kedua yaitu Kamis 29 Juli 2021
dilaksanakan kegiatan evaluasi dari jawaban yang dikirimkan oleh masyarakat
sasaran. Jawaban dari masyarakat sasaran yang berjumlah lima orang secara ringkas
sebagai berikut:
1.
Semua masyarakat sasaran sangat
terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.
2.
Sebanyak 80% (4 orang) menyatakan
bahwa pelatihan ini mungkin dapat membantu menyambung hidupnya dimasa pandemi
Covid-19 dan sisanya menjawab bahwa pelatihan pembuatan umpan pancing dan
pemasaran produk berbasis online ini dapat membantunya menyambung hidup dimasa
pandemi Covid-19.
3.
Semua masyarakat sasaran
menyatakan bahwa vidio pelatihan pembuatan umpan pancing dan penjualan produk
berbasin online menarik dan mudah untuk dipahami.
4.
Semua masyarakat menyatakan
bahwa dengan pemberian bantuan bahan pembuatan umpan pancing sangat membantu
dan menambah semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan.
5.
Semua masyarakat sasaran
mengirimkan foto sebagai bukti bahwa mereka telah bisa dalam membuat umpan
pancing.
6.
Sebanyak dua orang masyarakat
sasaran menyatakan bahwa awalnya mereka belum memahami tentang vaksinasi
Covid-19 dan sisanya menyatakan bahwa mereka mungkin (masih terdapat salah pemahaman)
kurang tau tentang apa itu vaksinasi Covid-19.
7.
Semua masyarakat sasaran
menyatakan bahwa setelah menonton vidio yang berjudul “Pentingnya Vaksinasi
dalam Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19” mereka memahami tentang pentingnya
vakssinasi Covid-19 dan bersedia ikut serta dalam melancarkan program vaksinasi
Covid-19.
8.
Secara garis besar mereka
bersedia ikut serta dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 karena mereka percaya
bahwa dengan vaksinasi Covid-19 dapat memutus rantai penyebaran virus korona
dan mempercepat perbaikan keadaaan agar mereda dapat bekerja dan beraktivitas seperti
sebelum adanya Covid-19.
9.
Dapat disimpulkan dari kelima
jawaban yang diberikan oleh masyarakat sasaran dari pertanyaan tentang kesedian
ikut serta dalam kegiatan KKNbD adalah mereka beralasan karena memiliki waktu
luang dan berminat dengan pelatihan pembuatan umpan pancing yang mungkin dapat
menjadi peluang usahanya saat ini atau nanti.
Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat
sasaran tertarik dengan kegiatan pelatihan pembuatan umpan pancing dan
pemasaran produk berbasis online. Alasan dari ketertariakan ini adalah adanya
waktu luang dan masyarakat merasa bahwa pelatihan ini dapat berguna baginya. Selain
itu masyarakat menyukai pelatihan ini karena pelatihannya mudah yaitu dengan
menonton video pelatihan yang menarik ditonton serta adanya pemberian bantuan
bahan pelatihan yang sangat berguna baginya sehingga mereka dapat lebih
bersemangat mengikuti pelatihan dan hal itu terbukti dengan semua masyarakat
sasaran telah bisa membuat umpan pancing. Selain pelatihan pembuatan umpan
pancing dan pemasaran produk bersbasis online, masyarakat juga dapat lebih
memahami tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 dari menonton video yang telah
dibagikan.