Evaluasi Setelah Pembelajaran Zoom

Kegiatan yang dilakukan setelah pembelajaran melalui Zoom adalah evaluasi. Evaluasi ini berisi tentang feedback yang diberikan kepada masyarakat sasaran setelah mereka melakukan pembelajaran lewat Zoom. Pelatih memberi tahu masyarakat sasaran jika mereka masih kurang tepat dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris. Feedback yang diberikan ini ditujukan kepada tiap-tiap masyarakat sasaran. Jadi, 7 orang masyarakat sasaran mendapat feedback secara personal perihal pembelajaran yang mereka ikuti. Feedback ini disampaikan oleh pelatih melalui grup WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya. Feedback ini membahas secara detail kesalahan-kesalahan pronunciation yang ditemukan oleh pelatih pada siswa terkait tiga topik pembelajaran yaitu Introducing Yourself, Hobby, dan Holiday.

Evaluasi pertama yaitu terkait topik yang pertama yaitu Introducing Yourself. Setelah pertemuan lewat Zoom, pelatih masih menemukan beberapa kesalahan pada masyarakat sasaran. Diantaranya, kurang tepatnya pelafalan kata often, listening, introduction, dan lain-lain. Beberapa siswa juga masih kurang tepat saat menyampaikan kapan mereka lahir dalam bahasa Inggris. Diluar hal tersebut, siswa sudah berani dalam memperkenalkan diri mereka dalam bahasa Inggris kepada teman-teman mereka melalui Zoom. Mereka juga sudah memperkenalkan diri dengan baik dengan menyebutkan nama, tanggal lahir, hobi, dan hal-hal lain yang mereka ingin sampaikan. Memang masih ada siswa yang kurang terdengar jelas karena masalah koneksi internet ataupun ada suara bising tetapi hal tersebut masih dapat diatasi.

Evaluasi kedua yaitu mengenai topik Hobby. Masyarakat sasaran mengikuti pembelajaran melalui Zoom sesuai waktu yang ditetapkan dan menyampaikan hobi mereka. Melalui pembelajaran tersebut, pelatih  menemukan beberapa siswa yang kurang tepat dalam pronunciation. Ada kata yang mengalami mispronunciation adalah kata kerja dalam bentuk lampau seperti worked dan found. Selain dua kata tersebut, pelatih juga menemukan mispronunciation pada kata really, terrible, dan makes. Menindaklanjuti hal tersebut, pelatih menyampaikan kepada masyarakat sasaran terkait dengan pelafalan yang kurang tepat tersebut agar siswa dapat memperbaiki dan mengetahui dimana letak kesalahan mereka.

Evaluasi ketiga yaitu mengenai pengalaman saat liburan. Pembelajaran dilakukan melalui Zoom dan diikuti oleh 7 masyarakat sasaran. Dalam pembelajaran ini, masyarakat sasaran diminta menyampaikan pengalamannya selama berlibur. Dari pembelajaran tersebut, ditemukan beberapa kata yang masih kurang tepat prounciationnya diantaranya kata walk, waves, while, trader, entered, elephant, arrived, dan rather. Kemudian, pelatih memberi tahu siswa terkait kata-kata yang mengalami mispronunciation melalui grup WhatsApp. Pelatih memberi feedback kepada setiap siswa sehingga siswa mengetahui letak kesalahan mereka.

Evaluasi yang dilakukan setelah pembelajaran Zoom bertujuan agar masyarakat sasaran dapat mengetahui secara pasti dimana letak kesalahan mereka. Evaluasi juga dapat digunakan sebagai tolak ukur sejauh mana sasaran paham terhadap penyampaian pelafalan yang diberikan. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat sasaran tidak melakukan kesalahan yang sama. Dengan memberikan evaluasi juga diharapkan agar masyarakat sasaran mengalami peningkatan dalam kemampuan berbahasa inggrisnya. Sehingga nantinya pada evaluasi akhir, masyarakat sasaran dapat mencapai hasil yang maksimal. 

Tentang Penulis
Ni Made Anggreoni Desyantaningsih