HASIL EVALUASI PELAKSANAAN KKNT
- Oleh Ni Putu Riska Cahyani
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 154, Kelompok, Kelompok
Pada minggu keempat hanya
dilakukan evaluasi program KKNT yang telah dilakukan pada minggu sebelumnya. Evaluasi
dilakukan menggunakan Google Formulir dan dikirim melalui grup whatsapp.
Masyarakat sasaran akan mengisi lembar evaluasi tersebut. Evaluasi penting
dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pelatihan ini. Adapun
hasil dari evaluasi ini dari beberapa aspek yaitu yang pertama dari segi
materi, secara umum materi yang diberikan dapat dengan mudah dipahami karena penyampaian
yang sederhana dan mahasiswa juga dapat dengan jelas menyampaikan materinya. Materi
yang diberikan juga menarik untuk didengarkan oleh masyarakat sasaran karena
sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran. Kemudian untuk materi dalam bentuk
video dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat sasaran dan dengan kualitas
yang bagus. Namun terdapat kendala dari segi penyampaian materi dari zoom meeting karena sinyal yang tidak
memadai dan beberapa masyarakat sasaran merasa terbebani akan hal tersebut. Maka
dari itu untuk menengahi permasalahan tersebut, mahasiswa pelaksana KKNT
memberikan video penjelasan ulang materi yang dipaparkan di zoom meeting. Komunikasi menggunakan
aplikasi whatsapp sangat membantu diskusi masyarakat dan mahasiswa pelaksana
KKNT dan dianggap sangat efektif karena bersifat fleksibel dan mudah diakses
karena tidak memerlukan sinyal dengan kapasitas tinggi.
Evaluasi dari segi bisnis rumahan yang dilakukan oleh
masyarakat sasaran yaitu masyarakat sasaran sudah mampu menemukan ide bisnisnya
secara mandiri walaupun ada yang masih kebingungan tapi dengan bantuan masukan
dari mahasiswa pelaksana maka masyarakat sasaran tersebut dapat menemukan ide
bisnisnya. Sebagian besar masyarakat sasaran memilih untuk melakukan bisnis
rumahan makanan cepat saji. Keuntungan yang diperoleh dari proses penjualan
dapat dikatakan cukup menguntungkan bagi masyarakat sasaran karena dari hasil
evaluasi tidak ada masyarakat yang rugi atau produknya tidak terjual. Sebagian
besar masyarakat sasaran memilih untuk melanjutkan bisnis ini walaupun program
KKNT ini telah berakhir karena mereka menganggap bisnis ini cukup
menguntungkan.