Hasil Kuisioner Evaluasi Pemasaran Online dengan Strategi Soft Selling dan Hard Selling
- Oleh Ni Made Indra Wahyuni
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 313, Kelompok, Kelompok
Jumat, 21 Juli 2020 telah
dilaksanakan pengirimin kuisioner evaluasi kegiatan KMbD secara keseluruhan. Kuisioner
evaluasi dibagikan dalam bentuk link yang berisi beberapa pertanyaan mengenai
pelaksanaan kegiatan KMbD selama kurang lebih sebulan ini. Isi kuisioner
evaluasi ini meyangkut kepuasan atau ketidakpuasaan masyarakat terhadap
jalannya kegiatan ini serta kesan pesan masyarakat dalam mengikuti kegiatan. Tidak
lupa pula diajukan sebuah pertanyaan mengenai kritik dan saran terhadap
kegiatan ini, yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi dalam Kegiatan KMbD
2020 atau menjadi bahan referensi untuk kegiatan selanjutnya.
Setelah
melaksanakan pembagian link kuisioner, masyarakat sangat antusia dalam
pengisian kuisioner tersebut. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat yang
secara sigap langsung mengisi kuisioner. Hasil dari kuisioner secara
keseluruhan menyatakan bahwa masyarakat pada awalnya mengalami kesulitan dalam
memahami materi, namun setelah dibagikan sebuah video pembelajaran serta
beberapa menjelasan, masyarakat jadi lebih memahami materi yang disampaiakn. Kemudian
melalui kegiatan ini masyarakat sangat merasakan manfaat lebih, diantaranya
masyarakat dapat menambah wawasannya mengenai pemasaran online, serta strategi
apa yang cocok digunakan untuk memasarkan hasil tani sehingga nantinya dapat
memperbanyak permintaan pasar. Selanjutnya tanggapan dari masyarakat perihal
pelaksanaan kegiatan KMbD pada masa Pandemi Covid-19 mengundang perhatian
masyarakat karena kegiatan ini sangat cocok dan patut dilaksanakan secara
daring karena mengingat kembali saran dari pemerintah Indonesia untuk tetap di
rumah aja dan selalu melaksanakan protol kesehatan. Jadi melalui kegiatan
pemasaran online menggunakan strategi Soft selling dan Hard Selling ini sangat
membantu masyarakat untuk tetap dapat menjalankan perekonomian ditengah masa
Pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan KMbD ini memang memberikan banyak
perubahan baik dari segi informasi maupun manfaat yang didapatkan, untuk itu
dalam evaluasi ini diajukan pertanyaan mengenai keberlanjutan pelatihan
pemasaran online menggunakan strategi Soft Selling dan Hard Selling setelah
kegiatan ini selesai, hasil tanggapan menyatakan 100% masyarakat akan
melaksanakan praktek pemasaran online menggunakan kedua strategi tersebut meski
kegiatan sudah berakhir. Ini tentunya sesuai dengan target kegiatan KMbD 2020
yang dimana setiap kegiatan dapat berkesinambungan atau dapat terus digunakan,
dipraktekkan atau dijalankan walaupun kegiatan sudah berakhir.
Kesan
yang dirasakan oleh masyarakat selama mengikuti kegiatan ini, dimana masyarakat
sangat terbantu dalam memasarkan hasil taninya, diantaranya tidak lagi
kebingungan dalam memasarkan hasil tani dan lebih banyak mendatangkan
pelanggan. Kemudian kegiatan ini memberikan pemahaman kepada semua orang yang
baru berkecimpung di dunia pertanian. Selanjutnya yang terakhir masyarakat
dapat bersosialisasi dengan masyarakat lainnya dengan saling bertukar pikiran,
saling berbagi dan memberi solusi terkait permasalahan yang dihadapi dalam
dunia bisnis.
Kritik
dan saran yang disampaikan oleh masyarakat berisikan mengenai keberlanjutan
program, dimana masyarakat menyarankan kegiatan seperti ini dijalankan lebih
lama dan secara merata mengingat masih banyak masyarakat yang kurang paham
dalam menggunakan teknologi. Selanjutnya salah satu masyarakat juga
menyayangkan kegiatan ini dilakukan secara daring, jika dilakukan pendampingan
langsung mungkin materi yang disampaikan dapat diterima lebih maksimal. Untuk itu
masyarakat menyarankan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara tatap
muka.
Sekian
hasil kuisioner evaluasi kegiatan pemasaran online menggunakan strategi Soft
Selling dan Hard selling secara keseluruhan. Melalui kegiatan ini diharapkan
memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga mahasiswa.