Hasil Kuisioner Evaluasi Pemasaran Online dengan Strategi Soft Selling dan Hard Selling

Bukti Hasil Kuisioner


Jumat, 21 Juli 2020 telah dilaksanakan pengirimin kuisioner evaluasi kegiatan KMbD secara keseluruhan. Kuisioner evaluasi dibagikan dalam bentuk link yang berisi beberapa pertanyaan mengenai pelaksanaan kegiatan KMbD selama kurang lebih sebulan ini. Isi kuisioner evaluasi ini meyangkut kepuasan atau ketidakpuasaan masyarakat terhadap jalannya kegiatan ini serta kesan pesan masyarakat dalam mengikuti kegiatan. Tidak lupa pula diajukan sebuah pertanyaan mengenai kritik dan saran terhadap kegiatan ini, yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi dalam Kegiatan KMbD 2020 atau menjadi bahan referensi untuk kegiatan selanjutnya.

                Setelah melaksanakan pembagian link kuisioner, masyarakat sangat antusia dalam pengisian kuisioner tersebut. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat yang secara sigap langsung mengisi kuisioner. Hasil dari kuisioner secara keseluruhan menyatakan bahwa masyarakat pada awalnya mengalami kesulitan dalam memahami materi, namun setelah dibagikan sebuah video pembelajaran serta beberapa menjelasan, masyarakat jadi lebih memahami materi yang disampaiakn. Kemudian melalui kegiatan ini masyarakat sangat merasakan manfaat lebih, diantaranya masyarakat dapat menambah wawasannya mengenai pemasaran online, serta strategi apa yang cocok digunakan untuk memasarkan hasil tani sehingga nantinya dapat memperbanyak permintaan pasar. Selanjutnya tanggapan dari masyarakat perihal pelaksanaan kegiatan KMbD pada masa Pandemi Covid-19 mengundang perhatian masyarakat karena kegiatan ini sangat cocok dan patut dilaksanakan secara daring karena mengingat kembali saran dari pemerintah Indonesia untuk tetap di rumah aja dan selalu melaksanakan protol kesehatan. Jadi melalui kegiatan pemasaran online menggunakan strategi Soft selling dan Hard Selling ini sangat membantu masyarakat untuk tetap dapat menjalankan perekonomian ditengah masa Pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan KMbD ini memang memberikan banyak perubahan baik dari segi informasi maupun manfaat yang didapatkan, untuk itu dalam evaluasi ini diajukan pertanyaan mengenai keberlanjutan pelatihan pemasaran online menggunakan strategi Soft Selling dan Hard Selling setelah kegiatan ini selesai, hasil tanggapan menyatakan 100% masyarakat akan melaksanakan praktek pemasaran online menggunakan kedua strategi tersebut meski kegiatan sudah berakhir. Ini tentunya sesuai dengan target kegiatan KMbD 2020 yang dimana setiap kegiatan dapat berkesinambungan atau dapat terus digunakan, dipraktekkan atau dijalankan walaupun kegiatan sudah berakhir.

                Kesan yang dirasakan oleh masyarakat selama mengikuti kegiatan ini, dimana masyarakat sangat terbantu dalam memasarkan hasil taninya, diantaranya tidak lagi kebingungan dalam memasarkan hasil tani dan lebih banyak mendatangkan pelanggan. Kemudian kegiatan ini memberikan pemahaman kepada semua orang yang baru berkecimpung di dunia pertanian. Selanjutnya yang terakhir masyarakat dapat bersosialisasi dengan masyarakat lainnya dengan saling bertukar pikiran, saling berbagi dan memberi solusi terkait permasalahan yang dihadapi dalam dunia bisnis.

                Kritik dan saran yang disampaikan oleh masyarakat berisikan mengenai keberlanjutan program, dimana masyarakat menyarankan kegiatan seperti ini dijalankan lebih lama dan secara merata mengingat masih banyak masyarakat yang kurang paham dalam menggunakan teknologi. Selanjutnya salah satu masyarakat juga menyayangkan kegiatan ini dilakukan secara daring, jika dilakukan pendampingan langsung mungkin materi yang disampaikan dapat diterima lebih maksimal. Untuk itu masyarakat menyarankan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara tatap muka.

                Sekian hasil kuisioner evaluasi kegiatan pemasaran online menggunakan strategi Soft Selling dan Hard selling secara keseluruhan. Melalui kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga mahasiswa. 




Tentang Penulis
Ni Made Indra Wahyuni