KEGIATAN KELIMA DI MINGGU KEEMPAT YAITU PENDAMPINGAN DALAM MEMPOSTING KONTEN PROMOSI DI INSTAGRAM VIA WHATSAPP GROUP
- Oleh Titus Prayoga
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 315, Kelompok, Kelompok
Sabtu, 1 Agustus 2020 saya telah melaksanakan kegiatan kelima di minggu
keempat pelaksanaan KMbD 2020 UNDIKSHA yaitu pendampingan dalam memposting
konten pemasaran produk serta meminta dokumentasi hasil postingan tersebut via Whatsapp
Group. Di awal kegiatan seperti biasa saya menyapa masyarakat sasaran dengan
mengucapkan selamat pagi dan selalu memotivasi masyarakat sasaran agar selalu
bersemangat, selanjutnya saya memberikan sedikit materi mengenai pemilihan
kepribadian brand yang cocok untuk bisnis online mereka. Untuk memilih
kepribadian yang cocok masyarakat harus menjawab 5 pertanyaan yang mana jawaban
dari pertanyaan tersebut dapat dipilih melalui gambar tabel kepribadian brand
di sosial media. Kepribadian tersebut dapat kita tuangkan ketika kita membuat caption
atau keterangan ketika memposting konten promosi di sosial media sehingga
bahasa yang digunakan dalam membuat konten promosi tidak kaku, lalu selanjutnya
saya memberikan sedikit informasi mengenai
hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan memposting konten promosi di media
sosial (Instagram) seperti selalu memperhatikan kualitas konten promosi yang
dibuat sekiranya selalu menggunakan berbagai variasi agar tidak monoton
sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen, dan yang kedua yaitu selalu
menentukan waktu posting yang tepat serta selalu memperhatikan frekuensi/jumlah
postingan.
Meskipun belum ada penelitian spesifik untuk Indonesia tetapi ada sebuah
acuan jam untuk memposting konten promosi di waktu bagian negara yang berada di
Asian dan Australia, misalnya HongKong pada pukul 05.00-06.00, Jepang pada
pukul 08.00-09.00, China pada pukul 12.00-13.00, dan Australia pada pukul 14.00-15.00.
Tetapi jika kita menulis pada jam sibuk, maka konten kita akan dengan cepat
tertutup oleh orang lain. Akhirnya tidak terlihat. Sedangkan pada jam kosong
hanya sedikit orang yang aktif. Sehingga waktu tersebut tidak bersifat mutlak namun
tetap tergantung dari siapa target market masyarakat itu sendiri.
Setelah memberikan informasi tersebut saya pun memberikan kesempatan
kepada masyarakat sasaran untuk membuat caption/keterangan yang sesuai dengan
kepribadian brand dari usaha bisnis online masyarakat sasaran itu sendiri. Setelah
membuat caption yang sesuai masyarakat lalu memposting produk online mereka di
Instagram. Kegiatan ini berjalan cukup lancar dan di dalam membuat caption
serta konten yang dibagikan sudah sangat menarik, masyarakat juga telah
menggunakan fitur hastag yang diharapkan dapat meningkatkan traffic bisnis
online mereka. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu masyarakat mampu membuat
konten produk mereka sendiri dan selalu berinovasi dalam menarik perhatian para
calon konsumen mereka dengan membagikan konten-konten promosi yang dapat mereka
buat ke dan bagikan di situs online yang telah mereka buat. Sekian informasi
yang dapat saya sampaikan mengenai kegiatan yang telah saya lakukan pada kali
ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.