Kegiatan KKNbd di Desa Candikusuma Minggu ke V – Evaluasi Keberhasilan Program KKNbD di Desa Candikusuma Melalui Angket Secara Online.

Jumat (30/07/2021) Pada pertemuan minggu kelima, yaitu mengenai evaluasi keberhasilan program KKNbD yang telah diimplementasikan hal ini dilakukan dengan memberikan angket secara online (melalui google form). Angket ini bertujuan untuk melihat respon siswa tentang belajar dengan menggunakan video pembelajaran, selain itu Angket berisi tentang tanggapan siswa terhadap video pembelajaran, apakah dapat membantu pemahaman siswa atau tidak terkait materi pembelajaran yang diberikan. Angket ini diberikan melalui grup WhatsApp yang terdiri dari 5 orang siswa tersebut.

Adapun tanggapan siswa terhadap video pembelajaran sangat baik. Video pembelajaran membuat siswa besemangat untuk belajar. Belajar juga menjadi menyenangkan karena ada animasi atau gambar yang menarik. Dengan video pembelajaran, siswa lebih mudah memahami pelajaran. Hal ini disebabkan karena adanya penjelasan yang jelas dan rinci serta disertai contoh dari guru. Dengan video pembelajaran, siswa juga dapat melihat (membaca) sekaligus mendengarkan penjelasan dari guru. Sehingga dapat dikatakan, kedua organ yaitu telinga dan mata difungsikan untuk menonton video. Itulah yang membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran. Selain itu, siswa juga mudah mengingat pelajaran. Video pembelajaran dapat diulang-ulang. Sehingga, jika ada yang tidak dipahami video dapat diulang kembali. Jadi dapat disimpulkan bahwa, video pembelajaran dapat membantu siswa dalam belajar di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, wawancara dengan guru juga dilakukan pada minggu sebelumnya yaitu pada pertemuan minggu keempat. Guru dimintai tanggapan tentang kendala/kesulitan yang dihadapinya di tengah pembelajaran online. Selain itu, juga diminta tanggapan tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran selama pembelajaran online. Dan juga memberikan saran dan masukan terkait video pembelajaran daring ini.

Begitu juga dengan guru yang memberikan respon positif terhadap video pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru sekolah dasar, guru tersebut menjadi terinspirasi untuk menggunakan video dalam pembelajaran. Menurut guru, video pembelajaran memberikan solusi untuk pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. dengan video pembelajaran, guru bisa memberikan penjelasan yang jelas dan rinci tentang pelajaran. Sehingga, siswa tidak bingung dan mampu memahami pelajaran dengan baik. Selain itu, siswa juga berminat dan termotivasi untuk belajar. Sehingga, dengan video pembelajaran dapat mengusir kecemasan guru akan siswa yang tidak paham dengan pelajaran. Walaupun tidak seperti tatap muka yang adanya interaksi dua arah, dimana siswa juga dapat bertanya kepada gurunya jika kurang paham. Akan tetapi, dengan video pembelajaran setidaknya siswa sudah mendengar dan melihat penjelasan dari guru secara langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan video pembelajaran guru bisa yakin dapat membantu siswa memahami pelajaran.