Materi Pelatihan Cara Pembuatan Logo Bisnis Online Kepada Masyarakat Sasaran Terutama Pelaku UMKM
- Oleh Elizabeth Paulina Sos Salya Paris
- Monday 20/07/2020
- Kelompok 89, Kelompok, Kelompok
Minggu,19 Juli 2020
Usaha kecil dan menengah justru jauh lebih memerlukan sebuah logo perusahaan.
Sebagai pelaku bisnis yang profesional, kita harus menyesuaikan logo dengan gambaran besar usaha kita. Sekalipun kita pelaku ukm, desain logo ukm kita harus sesuai dengan apa yang menjadi fokus bisnis kita.
Usaha kecil dan menengah justru jauh lebih memerlukan sebuah logo perusahaan.
1. Representasi
Sebuah logo memiliki peran yang sama dengan pemilik atau karyawan perusahaan, yakni untuk membantu memperkenalkan usaha atau bisnis kepada khalayak ramai. Dalam kegiatan komersial, sebuah logo perusahaan memiliki peranan yang sama untuk mempromosikan usaha dan bisnis, tak ubahnya pemilik maupun karyawannya.
2. Pengakuan
Untuk sebuah usaha kecil, logo menjalankan fungsi yang sama dengan merek. Perusahaan komersil segera mengenali sebuah merek; sama halnya dengan pelanggan, kreditur, pemberi pinjaman, bankir dan pelaku usaha lainnya. Sebuah usaha kecil yang sukses memerlukan logo yang tepat; Sebaliknya, agar bisa sukses, sebuah usaha kecil memerlukan pengakuan yang didapat dari sebuah logo perusahaan bisnis yang baik.
3.Keunikan
Setiap logo memiliki keunikan. Ya, itu memang benar. Namun ada sesuatu yang lain dalam keunikan sebuah logo bagi bisnis kecil. Sebuah bisnis kecil dengan logo perusahaan yang didesain dengan baik akan tampak menonjol di antara usaha-usaha kecil lainnya, di samping secara otomatis akan dapat “naik kelas” ke arah bisnis yang lebih mapan.
4.Komunikasi
Logo bukan hanya simbol, bentuk, atau garis dan huruf, melainkan jauh lebih berarti dari itu. Sebuah logo bisnis pada dasarnya adalah bagian dari kebijakan bisnis. Logo dapat mengkomunikasikan misi dan visi perusahaan; kebijakan dan cara kerja perusahaan, hingga komitmen untuk menegakkan prinsip-prinsip etika berbisnis. Selain itu, logo juga menyampaikan strategi perusahaan dan arah yang dituju kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan (pemangku jabatan).
5.Identitas
Sebuah logo bagi pengusaha kecil dan menengah pada dasarnya adalah kartu identitas atau paspor. Dia hanya tinggal menunjukkan logo dan akan segera menemukan celah untuk masuk ke banyak tempat. Selain itu, logo akan selalu terhubung dan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis, identitas perusahaan serta para karyawan yang tergabung di dalamnya. Oleh karena itu banyak faktor yang terlibat ketika membuat sebuah logo perusahaan.
Cara pembuatan logo ini diambil dari youtube yang dimana masyarakat akan menyimak di youtube tersebut .
Link youtube https://youtu.be/pOr4JtDdPYo