Melaksanakan pendampingan belajar membaca secara luring.
- Oleh Ni Komang Prasti Gayatri
- Friday 09/07/2021
- Kelompok 267, Kelompok, Kelompok
Hari ini, Jumat 9 juli
2021 saya melaksanakan kegiatan pendampingan
belajar membaca secara luring. Pada hari sebelumnya yaitu Senin tanggal 7 juli 2021 saya telah menginformasikan
kepada anak-anak sesudah
melaksanakan pendampingan belajar hari kedua, serta memberitahukan orang
tua siswa terkait jadwal hari ini. Saya berangkat ke balebanjar desa Jegu, yang terletak di banjar sigaran
pukul 14.30 WITA, untuk mempersiapkan tempat. Saya menyapu dan membersihkan
meja kemudian menata meja dan kursi. Kegiatan pendampingan hari ini adalah belajar suku kata, kegiatan
ini berlangsung pukul 15.00 s/d 17.00 WITA.
Saya menunggu anak datang
di depan balai banjar. Kemudian menyambut anak dengan salam serta menyemprotkan
hand sanitizer dan membagikan masker kepada anak.
Kegiatan pendampingan belajar sesi
1 dimulai dari kelompok mekar. Kegiatan pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja
peserta didik), kepada
anak. Tahap pertama, saya mengucapkan kalimat sederhana yang ada di LKPD satu
persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali hingga
anak-anak paham dan hafal. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami
melaksanakan ice breaking, yaitu menyanyikan lagu balonku ada lima.
Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game tebak
kata, yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan belajar
sesi 2 dimulai dari kelompok Kuncup., Kelompok
Kuncup terdiri dari anak dengan kemampuan membaca rendah. Kegiatan pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja
peserta didik), kepada anak.
Tahap pertama, saya mengucapkan suku kata tertutup yang ada di LKPD satu
persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali
hingga anak-anak paham dan hafal. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan
kami melaksanakan ice breaking, yaitu menyanyikan lagu bintang kecil.
Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game
tanya jawab suku kata tertutup, yaitu anak-anak harus mengucapkan suku kata
tertutup yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan hari ini
kami tutup dengan doa dan mengingatkan anak-anak untuk tetap mematuhi protokol
kesehatan. Lima menit sebelum pulang saya menghubungin orang tua agar menjemput
anaknya. Saya mendampingi anak-anak sampai orang tua menjemput mereka.