Melaksanakan pendampingan belajar membaca secara luring.
- Oleh Ni Komang Prasti Gayatri
- Monday 12/07/2021
- Kelompok 267, Kelompok, Kelompok
Hari ini, Jumat 12 juli
2021 saya melaksanakan kegiatan pendampingan
belajar membaca secara luring. Pada hari sebelumnya yaitu Senin tanggal 9 juli 2021 saya telah menginformasikan
kepada anak-anak sesudah
melaksanakan pendampingan belajar, serta memberitahukan orang tua siswa
terkait jadwal hari ini. Saya berangkat ke balebanjar desa Jegu, yang terletak di banjar sigaran pukul
14.30 WITA, untuk mempersiapkan tempat. Saya melakukan persembahyangan, menyapu dan membersihkan meja kemudian
menata meja dan kursi. Kegiatan
pendampingan hari ini adalah belajar suku kata, kegiatan ini berlangsung pukul
15.00 s/d 17.00 WITA.
Saya menunggu anak datang
di depan balai banjar. Kemudian menyambut anak dengan salam serta menyemprotkan
hand sanitizer dan membagikan masker kepada anak.
Kegiatan pendampingan belajar hari
ini hanya hadir satu orang anak pada sesi pertama kelompok kembang yang bernama astiqia. Kegiatan pendampingan diawali
dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja peserta
didik), kepada anak. Tahap
pertama, saya mengucapkan kalimat sederhana yang ada di LKPD satu persatu
kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali hingga
anak-anak paham dan hafal. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami
melaksanakan ice breaking, yaitu menyanyikan lagu meong-meong. Setelah
anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game tebak kata,
yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan belajar hari
ini hanya hadir satu orang anak pada sesi kedua kelompok kuncup yang bernama jendra. Kegiatan pendampingan diawali
dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja peserta
didik), kepada anak. Tahap
pertama, saya mengucapkan abjad yang ada di LKPD satu persatu kemudian diikuti
oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali hingga anak-anak paham dan
hafal. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami melaksanakan ice
breaking, yaitu menyanyikan lagu alfabet. Setelah anak-anak terfokuskan
kembali, kami melanjutkan dengan game tanya jawab abjad, yaitu anak-anak
harus mengucapkan abjad yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan hari ini
kami tutup dengan doa dan mengingatkan anak-anak untuk tetap mematuhi protokol
kesehatan. Lima menit sebelum pulang saya menghubungin orang tua agar menjemput
anaknya. Saya mendampingi anak-anak sampai orang tua menjemput mereka.
Anak-anak lainnya tidak dapat
mengikuti kegiatan dikarenakan anak-anak tersebut rumahnya berdekatan dengan
rumah orang yang cuntaka (meninggal).