Melaksanakan pendampinngan belajar membaca secara luring.
- Oleh Ni Komang Prasti Gayatri
- Friday 23/07/2021
- Kelompok 267, Kelompok, Kelompok
Hari ini, Jumat 23 juli 2021 saya membuat media pembelajaran membaca daring pada pukul 09.00 s/d 10.00 WITA dan melaksanakan kegiatan pendampingan belajar membaca secara luring pukul 15.00 s/d 17.00 WITA. Pada kegiatan membaca secara luring, hari sebelumnya yaitu rabu tanggal 21 juli 2021 saya telah menginformasikan kepada anak-anak sesudah melaksanakan pendampingan belajar, serta memberitahukan orang tua siswa terkait jadwal hari ini.
Saya berangkat ke balai banjar desa Jegu, yang terletak di banjar sigaran pukul 14.30 WITA, untuk mempersiapkan tempat. Saya melakukan persembahyangan, menyapu dan membersihkan meja kemudian menata meja dan kursi. Kegiatan pendampingan hari ini adalah belajar kata terbuka dan kata tertutup. Kegiatan ini berlangsung pukul 15.00 s/d 17.00 WITA.
Saya menunggu anak datang di depan balai banjar. Kemudian menyambut anak dengan salam serta menyemprotkan hand sanitizer dan membagikan masker kepada anak.
Kegiatan pendampingan belajar sesi 1 berlangsung selama 1 jam mulai dari pukul 15.00 WITA s/d 16.00 WITA dimulai dari kelompok mekar, kelompok Mekar terdiri dari anak dengan kemampuan membaca sedang. Kegiatan pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja peserta didik), kepada anak. Tahap pertama, saya mengucapkan kata tertutup yang ada di LKPD satu persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali hingga anak-anak paham dan hafal dan kemudian meminta anak untuk membaca secara bergilir. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami melaksanakan ice breaking, yaitu menyanyikan balonku. Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game tebak kata, yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan belajar sesi 2 selama 1 jam mulai dari pukul 16.00 WITA s/d 17.00 WITA dimulai dari kelompok Kuncup, Kelompok Kuncup terdiri dari anak dengan kemampuan membaca rendah. Kegiatan pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian membagikan LKPD (Lembar kerja peserta didik), kepada anak. Tahap pertama, saya mengucapkan kata terbuka yang ada di LKPD satu persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali hingga anak-anak paham dan hafal dan kemudian meminta anak untuk membaca secara bergilir. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami melaksanakan ice breaking, yaitu menyanyikan satu-satu aku sayang ibu. Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game tebak kata, yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara acak.
Kegiatan pendampingan hari ini kami tutup dengan doa dan mengingatkan anak-anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Lima menit sebelum pulang saya menghubungin orang tua agar menjemput anaknya. Saya mendampingi anak-anak sampai orang tua menjemput mereka serta mengantarkan anak kerumahnya bagi anak yang tidak bisa dijemput oleh orang tuanya.