Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Mengenai Penggunaan Tenses dalam Bahasa Inggris kepada Masyarakat Sasaran Secara Luring dan Daring

    Pada hari Jumat, tanggal 23 Juli 2021, Penulis melakukan kegiatan proses belajar mengajar mengenai penggunaan article A, An, dan The serta penggunaan kata This, These, That, dan Those. Pada kegiatan ini, penulis melaksanakan kegiatan secara luring selama 1 jam 10 menit yang dilaksanakan dari pukul 16.00 WITA hingga pukul 17.10 WITA kepada masyarakat sasaran di kelurahan Panambungan. Penulis memberikan handsanitizer terlebih dahulu kepada siswa sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran serta selalu menggunakan masker saat pembelajaran berlangsung. Lalu, penulis menjelaskan materi mengenai article A, An, dan The terlebih dahulu di papan tulis. Kemudian, penulis membuat 5 pertanyaan yang berisi tentang nama benda lalu siswa mengidentifikasi article yang tepat untuk digunakan dari nama benda tersebut di papan tulis. Selain itu, pada materi penggunaan kata This, These, That, dan Those, penulis menjelaskan penggunaan mengenai penggunaan kata - kata tersebut lalu memberikan contoh kepada siswa secara langsung dengan melihat benda yang ada lingkungan sekitar. Adapun kendala pada kegiatan ini yaitu, beberapa siswa sulit untuk memahami perbedaan This, These, That, dan Those. Solusi dari kegiatan ini yaitu, penulis menjelaskan secara rinci penggunaan dari This, These, That, dan Those. Hasil dari kegiatan ini ialah siswa menjadi tahu mengenai penggunaan article A, An, dan The serta menjadi tahu mengenai penggunaan This, These, That, dan Those

    Pada hari Sabtu, tanggal 24 Juli 2021, Penulis melakukan kegiatan proses belajar mengajar mengenai penggunaan Simple Present Tense kepada masyarakat sasaran di kelurahan Panambungan. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring selama 1 jam 25 menit yang dilaksanakan dari pukul 16.00 WITA hingga pukul 17.25 WITA. Penulis memberikan handsanitizer terlebih dahulu kepada siswa sebulum melaksanakan kegiatan pembelajaran serta selalu menggunakan masker saat pembelajaran berlangsung. Penulis melakukan penjelasan materi Simple Present Tense terlebih dahulu kepada siswa lalu, penulis memberikan latihan soal yang diberikan kepada siswa dengan menuliskan 5 pertanyaan di papan tulis kemudian mereka menjawab di buku tulis mereka masing-masing. Adapun kendala pada kegiatan ini adalah beberapa siswa sulit memahami penggunaan do / does serta s / es pada kalimat Simple Present Tense. Solusi dari kendala ini yaitu penulis melakukan penjelasan berulang kepada siswa hingga siswa dapat memahami materi tersebut. Hasil dari kegiatan ini ialah siswa menjadi tahu penggunaan Simple Past Tense

    Pada hari Minggu, tanggal 25 Juli 2021, Penulis melakukan pembuatan materi Simple Past Tense menggunakan media PowerPoint serta kegiatan proses belajar mengajar mengenai penggunaan Simple Past Tense kepada masyarakat sasaran di kelurahan Panambungan yang dilaksanakan secara daring melalui WhatsApp Group yang dilaksanakan dari pukul 16.00 WITA hingga 20.48 WITA. Penulis melakukan pembelajaran daring dikarenakan ada 2 orang siswa yang berhalangan untuk hadir secara luring, maka penulis memutuskan untuk melaksanakan kegiatan secara daring melalui WhatsApp Group. Penulis bertanya ke siswa terlebih dahulu mengenai materi yang akan dipelajari yaitu Simple Past Tense lalu penulis mengirimkan PowerPoint yang telah dibuat. Adapun kendala yang dialami oleh siswa yaitu sulit memahami penggunaan was, were, did serta Verb 2. Solusi dari kendala tersebut ialah penulis melakukan penjelasan lagi kepada siswa agar siswa dapat mengerti mengenai materi Simple Past Tense. Hasil dari kegiatan ini ialah siswa menjadi tahu penggunaan Simple Past Tense

Tentang Penulis