Melakukan Pendampingan saat Mempraktekkan Penggunaan Aplikasi Quizizz secara Bertahap
- Oleh I Gusti Agung Ayu Kirana Dewi
- Friday 16/07/2021
- Kelompok 122, Kelompok, Kelompok
Pada hari Kamis, 15 Juli 2021 adalah minggu ke-2 kegiatan
KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan dalam memberikan pelatihan tata
cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD No. 1 Kerobokan dengan masyarakat
sasaran (para guru), yang dimana penulis melakukan kegiatan tersebut secara
langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam melakukan
pendampingan dengan pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz, penulis menjelaskan serta mempraktekkan bagaimana tata
cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz
dengan menggunakan media LCD/Proyektor
dan laptop.
Pada kegiatan memberikan pelatihan tata cara atau
tutorial penggunaan aplikasi Quizizz
secara bertahap ini, yang dilakukan penulis pada tahap pertama yaitu penulis
menjelaskan dan mempraktekkan tata cara atau tutorial membuat akun pada
aplikasi Quizizz, cara membuat soal
secara mandiri, serta cara menggunakan soal yang sudah tersedia secara
keseluruhan. Pada cara membuat akun dalam aplikasi Quizizz ini, penulis menjelaskan kepada para guru untuk
mendaftarkan akun Email yang aktif,
sehingga nantinya bisa digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi Quizizz tersebut. Selanjutnya, dalam
membuat soal secara mandiri penulis menjelaskan bahwa para guru harus
menentukan terlebih dahulu materi yang akan dijadikan kuis serta menentukan
mata pelajaran. Kemudian, para guru dapat membuat soal pilihan ganda ataupun
esai, yang dapat dilengkapi dengan gambar agar kuis yang dibuat lebih menarik.
Jika para guru sudah selesai membuat soal, penulis menjelaskan cara menerbitkan
(menyimpan) soal tersebut. Selanjutnya, penulis menjelaskan cara menggunakan
soal yang sudah tersedia secara keseluruhan, dimana hal tersebut dilakukan
apabila para guru tidak ingin membuat soal sendiri.
Tujuan dilakukan pelatihan
tersebut adalah agar para guru memahami penggunaan aplikasi Quizizz yang nantinya akan digunakan
dalam menunjang proses pembelajaran daring. Sehingga, dengan penggunaan aplikasi Quizizz ini para guru dapat mengembangkan media pembelajaran baru yang lebih bervariasi. Dalam kegiatan pelatihan ini, terlihat para guru sangat
antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, dimana dalam pelatihan ini
terdapat interaksi antara penulis dengan para guru yang kurang memahami
penjelasan yang diberikan oleh penulis, sehingga penulis akan membantu
menjelaskan kembali sampai para guru benar-benar memahami cara penggunaan
aplikasi Quizizz ini. Di samping itu,
sebagian besar para guru terlihat mudah dan cepat menangkap serta memahami
penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz tersebut, karena sebelumnya penulis sudah membagikan materi
tertulis serta tutorial penggunaan aplikasi Quizizz
dengan jelas dan lengkap. Sehingga, penulis tidak mengalami banyak kesulitan
dalam melakukan pelatihan serta para guru juga mendapatkan pengetahuan baru
mengenai aplikasi pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran daring.