Melakukan Pendampingan saat Mempraktekkan Penggunaan Aplikasi Quizizz secara Bertahap



Pada hari Kamis, 15 Juli 2021 adalah minggu ke-2 kegiatan KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan dalam memberikan pelatihan tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD No. 1 Kerobokan dengan masyarakat sasaran (para guru), yang dimana penulis melakukan kegiatan tersebut secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam melakukan pendampingan dengan pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz, penulis menjelaskan serta mempraktekkan bagaimana tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz dengan menggunakan media LCD/Proyektor dan laptop.

Pada kegiatan memberikan pelatihan tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz secara bertahap ini, yang dilakukan penulis pada tahap pertama yaitu penulis menjelaskan dan mempraktekkan tata cara atau tutorial membuat akun pada aplikasi Quizizz, cara membuat soal secara mandiri, serta cara menggunakan soal yang sudah tersedia secara keseluruhan. Pada cara membuat akun dalam aplikasi Quizizz ini, penulis menjelaskan kepada para guru untuk mendaftarkan akun Email yang aktif, sehingga nantinya bisa digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi Quizizz tersebut. Selanjutnya, dalam membuat soal secara mandiri penulis menjelaskan bahwa para guru harus menentukan terlebih dahulu materi yang akan dijadikan kuis serta menentukan mata pelajaran. Kemudian, para guru dapat membuat soal pilihan ganda ataupun esai, yang dapat dilengkapi dengan gambar agar kuis yang dibuat lebih menarik. Jika para guru sudah selesai membuat soal, penulis menjelaskan cara menerbitkan (menyimpan) soal tersebut. Selanjutnya, penulis menjelaskan cara menggunakan soal yang sudah tersedia secara keseluruhan, dimana hal tersebut dilakukan apabila para guru tidak ingin membuat soal sendiri.

Tujuan dilakukan pelatihan tersebut adalah agar para guru memahami penggunaan aplikasi Quizizz yang nantinya akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran daring. Sehingga, dengan penggunaan aplikasi Quizizz ini para guru dapat mengembangkan media pembelajaran baru yang lebih bervariasi. Dalam kegiatan pelatihan ini, terlihat para guru sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, dimana dalam pelatihan ini terdapat interaksi antara penulis dengan para guru yang kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh penulis, sehingga penulis akan membantu menjelaskan kembali sampai para guru benar-benar memahami cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Di samping itu, sebagian besar para guru terlihat mudah dan cepat menangkap serta memahami penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz tersebut, karena sebelumnya penulis sudah membagikan materi tertulis serta tutorial penggunaan aplikasi Quizizz dengan jelas dan lengkap. Sehingga, penulis tidak mengalami banyak kesulitan dalam melakukan pelatihan serta para guru juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai aplikasi pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran daring.



Tentang Penulis