Melakukan Penyuluhan Mengenai Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru-Guru SD Negeri 044833 Desa Narigunung II

Jumat 30 Juli 2021

    Hari ini merupakan hari kedua puluh enam pelaksanaan KKNbD tahun 2021, adapun kegiatan yang saya lakukan hari ini di desa Narigunung II Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo Sumatera Utara terbagi dari dua kegiatan yaitu, kegiatan pertama saya melakukan Penyuluhan seperti biasanya. Seperti pertemuan sebelumnya kami telah mempelajari bagaimana pentingnya aplikasi Powerpoint sebagai bahan ajar dan bagaimana cara membuat materi pembelajaran di PowerPoint yang menarik, bagaimana cara membuat PowerPoint menjadi sebuah video, membahas mengenai pentingnya peran orangtua sebagai pendamping belajar anak  selama daring di masa pandemi ini. Pada pertemuan kali materi penyuluhan yang kami bahas yaitu  pentingnya pemanfaatan film sebagai media pembelajaran, film merupakan salah satu alat yang ampuh di tangan orang yang mempergunakannya secara efektif untuk sesuatu maksud terutama terhadap masyarakat kebanyakan dan juga anak-anak yang memang lebih banyak menggunakan aspek emosinya dibanding aspek rasionalnya, dan langsung berbicara ke dalam hati sanubari penonton secara meyakinkan. Film juga sangat membantu dalam proses pembelajaran, apa yang terpandang oleh mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah diingat daripada apa yang hanya dapat dibaca saja atau hanya didengar saja.

                Fungsi film dalam proses pembelajaran terkait dengan tiga hal, yaitu untuk tujuan kognitif, untuk tujuan psikomotor, dan untuk tujuan afektif. Dalam hubungannya dengan tujuan kognitif, film dapat digunakan untuk

  •  Mengajarkan pengenalan kembali atau pembedaan stimulasi gerak yang relevan, seperti kecepatan obyek yang bergerak, dan sebagainya
  • Mengajarkan aturan dan prinsip. Film dapat juga menunjukkan deretan ungkapan verbal, seperti pada gambar diam dan media cetak. Misalnya untuk mengajarkan arti ikhlas, ketabahan, dan sebagainya.
  •        Memperlihatkan contoh model penampilan, terutama pada situasi yang menunjukkan interaksi manusia.

Begitu banyak film yang memberikan pengetahuan dan menambah wawasan terkai dengan pembelajaran anak, misalnya mengenai sejarah, alam, tata surya dan lain sebagainya, dimana dengan memanfaatkan film yang sesuai dengan materi pembelajaran, hal ini akan membuat anak-anak lebih semangat dalam menerima dan memahami materi pembelajaran. Adapun mekanisme yang kami lakukan yaitu seperti biasa saling berdiskusi antara saya sebagai mahasiswa dan masyarakat sasaran saya yaitu guru SD. Saya memberikan saran dan tindakan apa yang harus dilakukan terkait permasalahan-permasalahan yang guru-guru hadapi selama proses pembelajaran. Kegiatan kedua yang saya lakukan yaitu saya mengajar langsung anak-anak SD dengan menonton flm pahlawan nasional kita yaitu flm “Kartini” dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Anak-anak tersebut begitu semangat belajar dan merasa senang.  Adapun waktu kegiatan yang kami lakukan mulai dari kegiatan pertama sampai kegiatan kedua yaitu jam 16.09 WIB-19.00 WIB. Demikianlah kegiatan yang kami lakukan hari ini terimakasih.

Berikut ini merupakan link materi penyuluhan hari ini

https://drive.google.com/file/d/1e9-66nQaPWuODrQJwYjR1dx-GttXbVd3/view?usp=sharing 

Note: Dalam Proposal Kegiatan KKNbD untuk materi hari ini seharusnya dilakukan semalam selasa 29 Juli 2021, namun dikarenakan di desa sasaran saya Narigunung II ada salah satu guru yang ikut berpartisipasi menjadi masyarakat sasaran saya yang sedang berduka sehinga saya menganti hari menjadi 30 Juli 2021.

Tentang Penulis