Melakukan Penyuluhan Mengenai Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru-Guru SD Negeri 044833 Desa Narigunung II
- Oleh Afri Levisa Bibina Br Sebayang
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 171, Kelompok, Kelompok
Jumat 30 Juli 2021
Hari ini merupakan hari kedua puluh enam
pelaksanaan KKNbD tahun 2021, adapun kegiatan yang saya lakukan hari ini di
desa Narigunung II Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo Sumatera Utara terbagi
dari dua kegiatan yaitu, kegiatan pertama saya melakukan Penyuluhan seperti
biasanya. Seperti pertemuan sebelumnya kami telah mempelajari bagaimana
pentingnya aplikasi Powerpoint sebagai bahan ajar dan bagaimana cara membuat
materi pembelajaran di PowerPoint yang menarik, bagaimana cara membuat
PowerPoint menjadi sebuah video, membahas mengenai pentingnya peran orangtua
sebagai pendamping belajar anak selama
daring di masa pandemi ini. Pada pertemuan kali materi penyuluhan yang kami
bahas yaitu pentingnya pemanfaatan film
sebagai media pembelajaran, film merupakan salah satu alat yang ampuh di tangan
orang yang mempergunakannya secara efektif untuk sesuatu maksud terutama
terhadap masyarakat kebanyakan dan juga anak-anak yang memang lebih banyak
menggunakan aspek emosinya dibanding aspek rasionalnya, dan langsung berbicara
ke dalam hati sanubari penonton secara meyakinkan. Film juga sangat membantu
dalam proses pembelajaran, apa yang terpandang oleh mata dan terdengar oleh
telinga, lebih cepat dan lebih mudah diingat daripada apa yang hanya dapat
dibaca saja atau hanya didengar saja.
Fungsi film dalam proses pembelajaran terkait dengan tiga hal, yaitu untuk tujuan kognitif, untuk tujuan psikomotor, dan untuk tujuan afektif. Dalam hubungannya dengan tujuan kognitif, film dapat digunakan untuk
- Mengajarkan pengenalan kembali atau pembedaan stimulasi gerak yang relevan, seperti kecepatan obyek yang bergerak, dan sebagainya
- Mengajarkan aturan dan prinsip. Film dapat juga menunjukkan deretan ungkapan verbal, seperti pada gambar diam dan media cetak. Misalnya untuk mengajarkan arti ikhlas, ketabahan, dan sebagainya.
- Memperlihatkan
contoh model penampilan, terutama pada situasi yang menunjukkan interaksi
manusia.
Begitu banyak film yang memberikan pengetahuan dan menambah wawasan terkai dengan pembelajaran anak, misalnya mengenai sejarah, alam, tata surya dan lain sebagainya, dimana dengan memanfaatkan film yang sesuai dengan materi pembelajaran, hal ini akan membuat anak-anak lebih semangat dalam menerima dan memahami materi pembelajaran. Adapun mekanisme yang kami lakukan yaitu seperti biasa saling berdiskusi antara saya sebagai mahasiswa dan masyarakat sasaran saya yaitu guru SD. Saya memberikan saran dan tindakan apa yang harus dilakukan terkait permasalahan-permasalahan yang guru-guru hadapi selama proses pembelajaran. Kegiatan kedua yang saya lakukan yaitu saya mengajar langsung anak-anak SD dengan menonton flm pahlawan nasional kita yaitu flm “Kartini” dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Anak-anak tersebut begitu semangat belajar dan merasa senang. Adapun waktu kegiatan yang kami lakukan mulai dari kegiatan pertama sampai kegiatan kedua yaitu jam 16.09 WIB-19.00 WIB. Demikianlah kegiatan yang kami lakukan hari ini terimakasih.
https://drive.google.com/file/d/1e9-66nQaPWuODrQJwYjR1dx-GttXbVd3/view?usp=sharing
Note: Dalam Proposal Kegiatan KKNbD untuk materi hari ini seharusnya dilakukan semalam selasa 29 Juli 2021, namun dikarenakan di desa sasaran saya Narigunung II ada salah satu guru yang ikut berpartisipasi menjadi masyarakat sasaran saya yang sedang berduka sehinga saya menganti hari menjadi 30 Juli 2021.