Melakukan Promosi Wisata Melalui Media Sosial di Tengah Pandemi

Lombok Barat - Peserta KKNbD Universitas Pendidikan Ganesha melakukan kegiatan promosi wisata air terjun Desa Bukit Tinggi melalui pemanfaatan media sosial. Hal ini dilakukan dikarnakan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang terus meningkat di Indonesia menjadikannya sebagai negara terbanyak masyarakatnya menggunakan internet seperti Instagram, Youtoube, Facebook, Line, dan lain sebagainya. Selain itu, Pemanfaatan media sosial ini sangat efektif dilakukan untuk kegiatan pariwisata dikarnakan hampir sebagian generasi muda di Indonesia menghabiskan waktu di dunia maya atau media sosial ditambah lagi dengan adanya PPKM yang berlangsung selama Pandemi Covid-19. Instagram adalah salah satu media yang efektif digunakan sebagai promosi wisata untuk dapat menarik kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara khususnya untuk datang berwisata ke ekowisata air terjun Bukit Tinggi.

Pengelola ekowisata air terjun selama ini fokus utamanya adalah melakukan pembangunan infrastruktur untuk menarik wisatawan untuk melakukan kunjungan. Dari hasil yang didiskusikan bersama dengan masyarakat sasaran secara daring kebanyakan masyarakat sasaran belum pernah melakukan aktifitas promosi wisata dengan menggunakan media sosial. Namun, masyarakat sasaran secara keseluruhan promosi pariwisata dengan menggunakan media sosial adalah hal yang paling efektif dilakukan pada masa sekarang ini dengan pertimbangan kemajuan teknologi yang semakin modern. Bersama masyarakat sasaran, pada tanggal 19 Juli 2021 peserta KKNbD melakukan koordinasi atau tahapan perencanaan untuk melakukan promosi wisata. Pertama, peserta KKNbD dan masyarakat sasaran melakukan pembuatan konten untuk promosi wisata dengan cara melakukan photo pada objek wisata (fotografi). Kedua, peserta KKNbD dan masyarakat sasaran adalah menentukan platform media sosial yang digunakan yaitu penggunaan instagram. Ketiga, peserta KKNbD dan masyarakat sasaran melakukan perencanaan atau desain konten yang akan di upload di Instagram. Keempat, peseva KKNbD dan masyarakat sasaran melakukan monitoring di platform media sosial instagram sampai dengan evaluasi yang akan dilakukan secara daring.

Peserta KKNbD berharap, dengan adanya kegiatan promosi wisata menggunakan platform instagram ini dapat menarik wisatawan lokal untuk berkunjung ke ekowisata air terjun dan dapat menggerakan kembali perekonomian masyarakat lokal untuk bisa bertahan dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19.

Berikut link kegiatan promosi wisata menggunakan Instagran (https://www.instagram.com/p/CRquqmQnw1z/?utm_medium=copy_link)