Memberikan Edukasi Terkait “Pemilihan Masker Sesuai Dengan Standar WHO (World Health Organization)” di Kelurahan Banyuasri
- Oleh Kadek Dian Candra Dewi
- Monday 12/07/2021
- Kelompok 94, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 10 Juli 2021, penulis menjalankan program kerja tentang Edukasi Terkait “Pemilihan Masker Sesuai Dengan Standar WHO (World Health Organization)” kepada masyarakat sasaran. Program ini dilaksanakan guna membantu masyarakat sasaran untuk lebih memahami betapa pentingnya mengenali jenis-jenis masker yang sudah direkomendasikan oleh WHO karena masih ada beberapa masyarakat yang keliru memilih masker. Program ini ditujukan kepada masyarakat sasaran yang terdiri dari warga lansia, orang dewasa, pelajar, dan anak-anak.
Program ini berlangsung secara daring (online) selama 2 jam dari pukul 14.00-16.00 WITA. Namun, karena masih ada kegiatan diskusi dengan masyarakat sasaran sehingga selesai kegiatan diluar jadwal hingga pukul 18.00 WITA. Jadwal pelaksanaan berbeda sehari yang seharusnya tanggal 9 Juli 2021 menjadi 10 Juli 2021 karena terdapat kendala di penulis yang mengalami gangguan jaringan internet.
Program kerja Edukasi Terkait “Pemilihan Masker Sesuai Dengan Standar WHO (World Health Organization)” bertujuan agar masyarakat mampu memilih dan membedakan masker yang akan digunakan sesuai dengan aturan dari tiap-tiap jenis masker yang ada. Tidak semua masker efektif digunakan saat pandemi, misalnya masker Scuba yang hanya memiliki 1 lapis. Sedangkan, masker yang baik syaratnya memiliki 3 lapis, yakni lapisan luar yang kedap air, lapisan tengah yang merupakan lapisan filter, dan lapisan dalam yang menempel langsung dengan kulit.
Cara penyelesaian permasalahan ini dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat secara daring. Adapun langkah-langkah pelaksanaannya.
1. Menyusun dan menyiapkan materi sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran.
2. Mengirim materi via WAG untuk dibaca dan dipahami oleh masyarakat sasaran.
3. Mengadakan diskusi dengan masyarakat sasaran.
4. Merespon pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat sasaran.
5. Kegiatan selesai dengan lancar.