Memberikan materi pokok kepada masyarakat sasaran pada pertemuan minggu pertama
- Oleh Fitriani Hasanah
- Sunday 11/07/2021
- Kelompok 64, Kelompok, Kelompok
Minggu, 11 juli 2021
Dimulai pada tanggal 06 juli 2021 sampai dengan tanggal 11 juli 2021 pada jam 01:20 dengan melakukan pertemuan 2 x perminggu penulis memberikan materi pokok kepada masyarakat sasaran tentang kewirausahaan dan strategi pemasaran produk secara online dan offline. Dari materi tersebut, penulis mendapat dua pertanyaan dari masyarakat sasaran yaitu yang pertama " Wirausaha tidak selamanya di motivasi oleh faktor yang menguntungkan,tetapi juga faktor yang tidak menguntungkan. Faktor2 motivasi tersebut terdiri dari 7 motivasi antara lain tapi yang ingin saya tanyakan hanya 3: 1.foreign refugee 2.corporate refugee 3.parental refugee. Apa arti dari ketiga motivasi tersebut?" Mbak Arinda bertanya.
Dari pertanyaan tersebut penulis memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan dari masyarakat sasaran yaitu
1. Foreign refugee
Yaitu dimana keadaan ekonomi yang ada di negara lain dilihat lebih menguntungkan ketimbang di negara sendiri,untuk contohnya seperti para TKI/TKW yang bekerja di negara orang karena menilai keadaan ekonomi di negara tersebut akan lebih menguntungkan dari pada di negara sendiri.
2. Corporate refugee
Yaitu pekerja yang tidak puas dengan lingkungan kerjanya. Contohnya misalkan mbak arinda sekarang kerja di suatu restoran akan tetapi mbak tidak puas dengan hasil dari tempat mbak bekerja,maka mbak akan berfikir lebih baik membuka usaha sendiri yang dimana di nilai akan lebih menguntungkan mbak sendiri.
3.parental refugee
Yaitu individu yang memperoleh pendidikan dan pengalaman bisnis dari keluarganya sejak masih anak-anak.
Kemudian yang kedua "sesuai dengan realita masa sekarang ini sulit sekali rasanya untuk mempertahankan produk yg kita jual tsb tetap laku dikarenakan mungkin salah satu faktor ekonomi masyarakat. Lalu Bagaimana caranya atau strategi untuk tetap mempertahankan usaha kita untuk tetap mendapatkan pemasukan ? mbak tari bertanya.
Kemudian penulis memberikan jawaban serta menjelaskan strategi yang harus dilakukan oleh masyarakat sasaran agar usaha tetap berjalan dengan lancar yaitu:
1. Melakukan observasi terhadap produk yang kita jual,nah apakah produk kita menarik atau tidak,jika kurang menarik maka lakukanlah inovasi terhadap produk yang dijual,tonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut sehingga kelebihan dari produk tersebut bisa menarik perhatian konsumen.
2. Buy one get one. Yaitu beli satu gratis satu, cara penjualan seperti ini sangat berpengaruh terhadap konsumen,karena konsumen lebih cenderung untuk membeli produk promo, tapi disini mbak juga harus mempertimbangkan untung ruginya juga, jangan sampai melakukan promo tapi malah membuat rugi.
3. Kenali sasaran konsumen,maksudnya jika mbak menjual produk yang diperuntukkan untuk anak muda maka produk yang mbak tawarkan harus disesuaikan dengan apa yang diminati anak muda saat ini.
4. Masalah tren. Sekarang menurut pandangan saya,anak muda sekarang lebih menyukai produk makanan yang berasa pedas,gurih dan manis, melihat tren di YouTube juga kebanyakan anak muda selalu menonton acara mukbang nah dengan hal tersebut anak muda sekarang malah kegirangan ingin mengikuti memakan makanan yang ditayangkan di YouTube tersebut,dan kebanyakan makann yabg direview juga makanan yang bernuasa pedas atau gurih. Contohnya seperti mie pedas, seafood, bakso dll.
4. Lebih meningkatkan kreativitas. Karena dengan adanya kreativitas hal ini sangat membantu. Yaitu dengan menjual apa yang tidak di jual oleh orang lain tentunya dengan produk yang tidak kalah menarik dengan orang lain.
5. Dan yang terakhir yaitu konsisten dalam berwirausaha/berjualan. Karena seseorang yang bisa dikatakan wirausaha adalah orang yang konsisten,ulat dan tidak mudah menyerah selalu mencoba dan membuat inovasi terhadap produk yang di tawarkan kepada konsumen.
Setelah melakukan tanya jawab penulis memberikan materi terakhir untuk minggu pertama yaitu Strategi pemasaran produk secara online dan offline akan tetapi masyarakat sasaran tidak ada yang bertanya karena materi yang diberikan sudah jelas dan masyarakat sasaranpun mengucapkan terimakasih karena telah diberikan materi yang bermanfaat serta jawaban yang sesuai dengan kebutuhannya.