Memberikan Pelatihan Cara Memasarkan Produk Dan Merespon Pembeli Yang Benar Di Media Sosial Instagram Kepada Masyarakat Sasaran Dan Dilanjutkan Dengan Diskusi

          Pada Senin, 19 Juli 2021, telah dilaksanakan pelatihan cara memasarkan produk di media sosial Instagram kepada masyarakat sasaran yaitu enam orang ibu-ibu pedagang konvensional di objek wisata Pura Tirta Empul yang mengalami permasalahan yang sama yaitu penurunan pendapatan akibat dari adanya pandemi covid-19. Enam orang masyarakat sasaran ini terdiri dari Ibu Ayu Eka Januati, Ibu Jero, Ibu Ketut Utari, Ibu Putu Astini, Ibu Putu Niki, dan Ibu Widiadnyani. Materi yang diberikan dalam bentuk video dan diunggah pada youtube kemudian dibagikan berupa link yang dapat diakses oleh masyarakat sasaran. Materi pelatihan ini berisi mengenai cara memasarkan produk di media sosial Instagram, seperti hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh masyarakat sasaran dalam memasarkan produk agar produk yang dijual tersebut laku. Hal-hal yang perlu di perhatikan oleh masyarakat sasaran agar produk yang mereka jual laku yaitu dengan memperhatikan kualitas foto atau video yang di posting, membuat caption yang menarik, dan melakukan promosi. Video pelatihan juga sudah saya lengkapi dengan cara menguploadnya dan membuat caption langsung di aplikasi Instagram. Selain materi di video saya sudah menambahkan penjelasan dan memberikan beberapa contoh beberapa foto terkait dengan penjelasan tersebut melalui chat secara singkat mengenai cara memasarkan produk. Kegiatan pelatihan ini dimulai pada pukul 18.30 s.d 21.00 WITA yang sudah saya ingatkan satu jam sebelumnya. Pemberian pelatihan ini dilaksanakan melalui group WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan masyarakat sasaran yang sudah disimak dan direspon dengan baik oleh masyarakat sasaran. 

            Setelah pemberian materi mengenai cara memasarkan produk di media sosial instagram, maka dilanjutkan dengan pada pelatihan cara merespon pembeli yang benar di media sosial Instagram kepada masyarakat sasaran yaitu enam orang ibu-ibu pedagang konvensional di objek wisata Pura Tirta Empul yang mengalami permasalahan yang sama yaitu penurunan pendapatan akibat dari adanya pandemi covid-19. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juli 2021 yang dimulai pada pukul 18.30 s.d 21.00 WITA dan sudah saya ingatkan satu jam sebelumnya. Materi ini juga diberikan dalam bentuk video dan diunggah pada youtube kemudian dibagikan berupa link yang dapat diakses oleh masyarakat sasaran. Materi pelatihan ini berisi mengenai cara merespon pembeli yang benar di media sosial Instagram. Dalam video ini saya juga menjelaskan secara singkat mengenai metode pembayaran dan pengiriman yang bisa digunakan oleh penjual. Selain materi di video saya sudah menambahkan penjelasan melalui chat secara singkat mengenai kaitan memberikan respon pembeli yang baik dan benar terhadap pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, karena kepuasan pelanggan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis yang sedang dijalani. Pemberian pelatihan ini juga dilaksanakan melalui group WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan masyarakat sasaran yang sudah disimak dan direspon dengan baik oleh masyarakat sasaran. 

             Masyarakat sasaran sudah aktif dalam kegiatan diskusi untuk bertanya mengenai hal yang mereka kurang pahami meskipun perlu beberapa menit untuk membuat pertanyaan tersebut. Namun saya memakluminya karena masyarakat sasaran pasti memerlukan waktu untuk memahami materi yang telah diberikan. Pemberian pelatihan ini bertujuan agar masyarakat sasaran mengetahui cara memasarkan produk dan merespon pembeli dengan benar. Sebab untuk menunjang keberhasilan bisnis diperlukan pemasaran produk yang bagus dan didukung dengan pelayanan yang diberikan oleh penjual sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap penjual dan memberikan keuntungan bagi penjual. Selain itu, saya berharap masyarakat sasaran dapat mengimplementasikannya materi yang telah saya berikan untuk berjualan secara online, karena seperti yang diketahui masyarakat sasaran baru pertama kali akan memulai berbisnis secara online yang mana sebelumnya hanya berjualan secara offline. Jadi diperlukan pemahaman yang cukup baik bagi masyarakat sasaran agar masyarakat sasaran dapat berjualan online setelah pelatihan ini dilakukan. 

Adapun video yang saya kirimkan sudah saya upload di YouTube dengan link sebagai berikut:

https://youtu.be/BuaWQMXL_Gg.

https://youtu.be/LlWxVV5XQE8.

Sekian blog cara memasarkan produk dan merespon pembeli yang benar di media sosial instagram kepada masyarakat sasaran ini, Terimakasih

Tentang Penulis