Memberikan pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan peralatan elektronik dengan metode tanya jawab melalui WhatsApp Grup sebagai perantaranya.
- Oleh Vina Velina
- Monday 05/07/2021
- Kelompok 231, Kelompok, Kelompok
Pada hari ini, Senin, 5 Juli 2021 merupakan hari pertama dilakukannya kegiatan KKNbD yang saya lakukan bersama masyarakat sasaran yaitu UMKM yang berada di kelurahan kampung baru. Kegiatan KKNbD ini diikuti oleh lima orang yang memiliki UMKM. Kegiatan KKNbD ini dilaksanakan melalui WhatApp Grup yang telah dibentuk sebelumnya. Kegiatan KKNbD ini dilaksanakan pada pukul 13.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita. Pada kegiatan ini , saya melakukan diskusi terkait beberapa hal kepada masyarakat setempat terkait dengan pengunaan elektronik khususnya smartphone. Sebelum itu, saya juga memperkenalkan diri terlebh dahulu dan menyampaikn maksud dan tujuan dari dibentuknya grup tersebut.
Setelah melakukan diskusi,tak sedikit dari mereka sudah mahir dalam menggunakan smartphone baik digunakan untuk melakukan komunikasi dengan cara menelpon maupun dengan menggunakan chat. Terdapat juga masyarakat atas nama Pak Gede yang mengalami kesulitan dalam penggunaan smartphone , dimana smartphone yang sering digunakan sering mengalami kendala seperti sering macet dan juga memilki kinerja yang lambat. Dengan permasalah tersebut, saya memberikan solusi untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan olehnya, karena hal tersbut juga menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat kinerja smartphonenya.
Selain berdiskusi mengenai permasalahan mengenai penggunaan elektronik khususnya smartphone, saya juga melakukan kegiatan diskusi terkait penggunaan media sosial. Terdapat salah satu masyarakat bernama Ibu Tini, telah menggunakan media sosial seperti facebook untuk berkomunikasi dan juga mencari teman. Ibu Tini juga belum memanfaatkan media sosialnya untuk memasarkan barang yang dijualnya. Terdapat juga masyarakat bernama Pak Gede, ia mengalami kesulitan dalam menggunakan instagram dan kurangnya pemahaman terkait fitur - fitur yang disediakan. Untuk masyarakat atas nama Ibu indah , ia mengalami kesulitan didalam menggunakan instagram dan dikarenakan tempat penyimpanan instagram yang terlalu besar maka instagram jarang digunakan.
Jadi pada kegiatan diskusi pada hari ini, dapat disimpulkan bahwasanya, kebanyakan dari mereka sudah bisa menggunakan smartphone sebagai media komunikasi, berbeda halnya dengan penggunaan media sosial yang juga menjadi tepat untuk dapat berkomunikasi serta sebagai media untuk memasarkan barang yang mereka jual. Mereka menggunakan media sosial sebagai temapat untuk berkomunikasi dan juga mencari trman dan jarang menggunakannya sebagai tempat memasarkan produk atau barang yang dijualnya. Dengan hal tersebut maka, disini saya akan memberikan sebuah pelatihan mengenai penggunaan instagram dan juga facebook sebagai tempat untuk masyarakat pemilik UMKM tersebut dapat melakukan pemasaran terhadap barang yang dijualnya. Pada kesempatan kali ini, para masyarakat juga sangat antusias dalam melakukan diskusi, dilihat dari respon yang diberikan sangatlah baik.