Memberikan Pembinaan Dalam Pemasaran Produk Melalui Aplikasi Zoom Meeting dan WhatsApp Group

Dalam Pelaksanaan program kerja KKNbD tepatnya pada hari Rabu 28 Juli 2021, minggu keempat pelaksanaan KKNbD di Desa Baluk, penulis bersama 5 masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan pembinaan secara daring melalui Zoom Meeting dan WhatsApp Group. Penulis selaku pelaksana kegiatan program kerja KKNbD telah memberikan pembinaan dalam pemasaran produk melalui Zoom Meeting dan WhatsApp Group kepada 5 masyarakat sasaran.

Pada kegiatan di Zoom Meeting tersebut penulis memberikan pembinaan dengan menjelaskan lebih detail mengenai cara memasarkan produk yang akan dijual di aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook, serta terdapat sesi diskusi dan tanya jawab  mengenai kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam berjualan online. Salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran yaitu pada saat membuat desain pamflet di aplikasi canva, masyarakat sasaran masih bingung dalam pemilihan template di aplikasi canva yang sesuai dengan jenis produk yang di jual. Kemudian penulis memberikan solusi terkait dengan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, dengan menjelaskan kembali cara mudah dalam pemilihan template yang sederhana tetapi menarik. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab selesai, penulis melanjutkan kegiatan diskusi di WhatsApp Group, penulis memberikan intruksi kepada masyarakat sasaran untuk mengirim bukti screenshot penjualan produk yang sudah dilakukan pada aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook, agar penulis mengetahui sejauh mana perkembangan penjualan produk yang sudah dilakukan oleh masyarakat sasaran. 

Adapun tujuan kegiatan pembinaan dalam pemasaran produk yaitu agar masyarakat sasaran lebih memahami lagi cara memasarkan produk dan cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam berjualan online. Yang tentunya pada strategi pemasaran produk juga sangat  berpengaruh terhadap peningkatan profit penjualan produk kedepannya. Sehingga setelah kegiatan pembinaan pemasaran produk ini, masyarakat sasaran dapat dengan tepat menerapkan strategi pemasaran produk di aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook. Serta diharapkan dapat membantu masyarakat sasaran dalam peningkatan profit penjualan produk.

            

Tentang Penulis
Ni Putu Devi Puspayanti