Memberikan Pembinaan Dalam Pemasaran Produk Melalui Aplikasi Zoom Meeting dan WhatsApp Group
- Oleh Ni Putu Devi Puspayanti
- Thursday 29/07/2021
- Kelompok 19, Kelompok, Kelompok
Dalam
Pelaksanaan program kerja KKNbD tepatnya pada hari Rabu 28 Juli 2021, minggu
keempat pelaksanaan KKNbD di Desa Baluk, penulis bersama 5 masyarakat sasaran
telah melaksanakan kegiatan pembinaan secara daring melalui Zoom Meeting dan
WhatsApp Group. Penulis selaku pelaksana kegiatan program kerja KKNbD telah
memberikan pembinaan dalam pemasaran produk melalui Zoom Meeting dan WhatsApp
Group kepada 5 masyarakat sasaran.
Pada
kegiatan di Zoom Meeting tersebut penulis memberikan pembinaan dengan
menjelaskan lebih detail mengenai cara memasarkan produk yang akan dijual di
aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook, serta terdapat sesi diskusi dan tanya jawab
mengenai kendala yang dihadapi oleh
masyarakat sasaran dalam berjualan online. Salah satu kendala yang dihadapi
oleh masyarakat sasaran yaitu pada saat membuat desain pamflet di aplikasi
canva, masyarakat sasaran masih bingung dalam pemilihan template di aplikasi
canva yang sesuai dengan jenis produk yang di jual. Kemudian penulis memberikan
solusi terkait dengan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, dengan
menjelaskan kembali cara mudah dalam pemilihan template yang sederhana tetapi
menarik. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab selesai, penulis melanjutkan
kegiatan diskusi di WhatsApp Group, penulis memberikan intruksi kepada masyarakat sasaran
untuk mengirim bukti screenshot penjualan produk yang sudah dilakukan pada
aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook, agar penulis mengetahui sejauh mana perkembangan penjualan produk yang sudah dilakukan oleh masyarakat sasaran.
Adapun
tujuan kegiatan pembinaan dalam pemasaran produk yaitu agar masyarakat sasaran
lebih memahami lagi cara memasarkan produk dan cara mengatasi kendala yang
dihadapi dalam berjualan online. Yang tentunya pada strategi pemasaran produk
juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan
profit penjualan produk kedepannya. Sehingga setelah kegiatan pembinaan pemasaran
produk ini, masyarakat sasaran dapat dengan tepat menerapkan strategi pemasaran produk
di aplikasi WhatsApp Bisnis dan Facebook. Serta diharapkan dapat membantu
masyarakat sasaran dalam peningkatan profit penjualan produk.