Memberikan Pembinaan Dalam Pemasaran Produk Melalui Zoom Meeting dan WhatsApp Group Kepada Masyarakat Sasaran

Dalam pelaksanaan program kerja KKNbD tepatnya pada hari Rabu, 28 Juli 2021, minggu keempat pelaksanaan KKNbD di Desa Kaliakah penulis bersama 5 masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan pembinaan secara daring melalui Zoom Meeting dan WhatsApp group yakni dari pukul  17.00 WITA - 20.00 WITA. Penulis selaku pelaksana kegiatan program kerja KKNbD telah memberikan pembinaan dalam pemasaran produk melalui Zoom Meeting dan WhatsApp Group kepada 5 masyarakat sasaran.

Dalam Zoom Meeting tersebut penulis memberikan pembinaan dalam pemasaran produk dengan menjelaskan lagi mengenai strategi pemasaran melalui aplikasi Facebook yang sudah diberikan pada minggu ketiga kepada masyarakat sasaran yang masih belum memahami cara memasarkan produk di aplikasi Facebook melalui platform marketplace. Serta melakukan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam berjualan online. Salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran yaitu pada saat transaksi jual beli antara konsumen, dimana terdapat konsumen yang membatalkan pesanan secara tiba-tiba setelah barang sudah datang. Kemudian penulis memberikan solusi terkait dengan kendala yang dihadapi masyarakat sasaran, dengan menjelaskan cara memasarkan produk yang di batalkan tersebut di marketplace, dan memberikan diskon untuk produk yang dijual tetapi tidak sampai membuat penjual rugi, kemudian penjual dapat memposting foto produk yang nyata dan diberikan keterangan bahwa produknya berbahan bagus dan kalimat lainnya yang membuat konsumen percaya dengan produk yang kita jual.

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab selesai, selanjutnya penulis menanyakan kepada masyarakat sasaran mengenai penjualan produk yang sudah terjual selama beberapa minggu menjalankan bisnis online di bidang fashion ini. Penulis melanjutkan diskusi di WhatsApp group untuk meminta masyarakat sasaran agar mengirim bukti screenshot terkait penjualan produk yang sudah dilakukan oleh masyarakat sasaran dan konsumen, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan penjualan produknya selama beberapa minggu ini.

Adapun tujuan kegiatan pembinaan dalam pemasaran produk ini yaitu agar masyarakat sasaran lebih memahami lagi cara memasarkan produk dan cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam berjualan online. Yang tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap profit penjualan produk kedepannya. Sehingga setelah kegiatan pembinaan dalam pemasaran produk ini masyarakat sasaran dapat dengan tepat menerapkan strategi pemasaran produk di aplikasi Facebook melalui platform marketplace, serta dapat membantu masyarakat sasaran dalam meningkatkan penjualan produk yang lebih banyak lagi untuk kedepannya.

Tentang Penulis
Ni Putu Floresta Jayantini