Memberikan Pendampingan Belajar Kepada Masyarakat Sasaran pada Pertemuan Kedua Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Materi "Hobbies and Occupations"

Pada Hari Rabu, 14 Juli 2021 telah berlangsung kegiatan pendampingan belajar terhadap masyarakat sasaran. Pembelajaran yang berlangsung secara offline dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan. Pendampingan belajar yang telah dilaksanakan berada pada suatu lingkungan masyarakat yang sama dan memiliki jarak yang dekat, sehingga kegiatan pendampingan belajar bisa terlaksana secara offline dengan persetujuan dari orang tua siswa atau masyarakat sasaran. Pembelajaran yang berlangsung hari ini mengenai mata pelajaran Bahasa Inggris. Materi yang telah dijelaskan hari ini mengenai Hobbies and Occupations atau Kegemaran dan Pekerjaan. Untuk pemilihan materi mengacu kepada bagaimana siswa dapat menentukan kegemaran serta pekerjaan impian mereka dengan mampu menjelaskan dalam Bahasa Inggris. Tahap yang pertama dilakukan adalah menonton satu video mengenai penjelasan berupa kosakata yang terkait tentang kegemaran anak-anak dengan animasi yang menarik. Menonton video digunakan untuk menarik perhatian siswa agar mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, selain itu mereka juga akan mengetahui sedikit penjelasan mengenai kegemaran dalam Bahasa Inggris sebelum saya memaparkan materinya. Setelah siswa selesai menyaksikan video, siswa akan mendengarkan penjelasan materi mengenai kosakata tentang kegemaran serta bagaimana cara mengucapkannya dengan benar menggunakan Bahasa Inggris. Siswa telah memahami penjelasan tersebut, lalu siswa akan menerima worksheet yang berisi gambar beberapa hobby. Worksheet itu akan diisi oleh siswa itu sendiri untuk mengetahui pemahamannya. Setelah materi hobby dijelaskan, siswa akan lanjut ke materi berikutnya yaitu mengenai occupations atau pekerjaan. Disini akan lebih spesifik menjurus kepada pekerjaan impian yang dimiliki oleh siswa. Siswa mendapatkan worksheet mengenai daftar pekerjaan melalui gambar yang menarik serta diberikan penjelasan mengenai Bahasa Inggris dari pekerjaan tersebut secara acak. SIswa akan menjodohkan antara daftar gambar tersebut dengan tulisan kosakata dalam Bahasa Inggris. Setelah siswa berhasil menyelesaikan permainan tersebut, siswa akan diminta untuk melakukan dialog dalam menanyakan "Apa kegemaranmu?" dan "Apa pekerjaan impianmu?" dengan menggunakan Bahasa Inggris untuk melatih kemampuan berbicara siswa atau speaking skills. Setelah siswa melakukan dialog antar temannya, siswa telah berhasil menentukan kegemaran dan pekerjaan impian mereka dan telah mampu menyebutkan kegemaran dan pekerjaan impiannya dalam menggunakan Bahasa Inggris. Langkah terakhir yang dilakukan adalah memberikan evaluasi terkait penguasaan kosakata yang mampu siswa kuasai selama pembelajaran berlangsung, saya memberikan kosakata dalam Bahasa Indonesia dan siswa menjawabnya menggunakan Bahasa Inggris untuk mengetahui seberapa besar materi yang telah diterima oleh murid melalui penyebutan kosakata tersebut menggunakan Bahasa Inggris. 


Tentang Penulis
Gst. Ayu Kadde Puspita Sari