Memberikan pengajaran Bahasa Inggris tentang Calender.
- Oleh Dewa Ayu Oka Angelita
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 189, Kelompok, Kelompok
Pada hari Kamis minggu kedua kegiatan KKN, pelaksana melaksanakan kegiatan pengajaran berbasis luring atau secara langsung di desa Cempaga tentang Calender bersama dengan masyarakat sasaran atau siswa. Materi pembelajaran tentang Calender dipilih karena masih banyak dari masyarakat sasaran atau siswa yang lupa tentang Calender dan materi pembelajaran tentang Calender dipilih atas kemauan dari masyarakat sasaran atau siswa sendiri. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pengajaran tentang Calender secara luring atau tatap muka, pertama pelaksana bersama-sama dengan masyarakat sasaran atau siswa berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan bimbingan belajar. Kedua, setelah berdoa pelaksana menyapa siswa dan menanyakan bagaimana kabar siswa. Ketiga, masyarakat sasaran atau siswa diminta untuk memperkenalkan diri masing-masing secara bergantian. Setelah semua siswa selesai memperkenalkan diri masing-masing, barulah kegiatan bimbingan belajar tentang Calender dimulai.
Sebelumnya, pelaksana bertanya terhadap siswa mengenai apakah ada yang mengetahui apa saja bagian dari Calender, yang diantaranya ada bulan, hari, tahun, dan tanggal. Lalu pelaksana bertanya lagi kepada siswa siapa yang mengetahui Bahasa Inggris dari bulan, hari, tahun, dan tanggal. Setelah siswa menjawab, pelaksana mulai menjelaskan materi tentang Calender yang diantaranya adalah bulan, hari, tahun, dan tanggal. Selanjutnya, setelah pelaksana menjelaskan materi, siswa diminta untuk mempelajari materi tersebut selama beberapa menit dan setelah itu menyuruh mereka untuk menyebutkan bagian dari Calender dengan menggunakan Bahasa Inggris. Ketika siswa membacanya, pelaksana langsung mengoreksi pengucapan yang salah dan memberitahu bagaimana cara pengucapan yang benar. Lalu, setelah siswa dapat membacanya dengan pengucapan yang benar, pelaksana menyuruh siswa untuk menghafal materi tersebut dan setelah itu siswa akan ditanya secara acak tentang materi yang telah mereka pelajari. Setelah pembelajaran selesai siswa dan pelaksana mendiskusikan tentang materi apa yang ingin mereka pelajari selanjutnya. Terakhir, setelah selesai berdiskusi, pelaksana menutup bimbingan belajar.