Memberikan pengajaran Bahasa Inggris tentang Name of things.

Pada tanggal 19 minggu ke tiga kegiatan KKN, pelaksana melaksanakan kegiatan pengajaran berbasis luring atau tatap muka di desa Cempaga tentang Name of things khususnya benda-benda yang ada di sekitar sekolah dan kamar tidur. Materi ini diajarkan pada bimbingan kali ini berdasarkan hasil diskusi sebelumnya yang mana pada pertemuan sekarang siswa ingin belajar tentang benda-benda yang ada di sekitar dan pelaksana memutuskan untuk memilih benda-benda yang ada di sekolah dan kamar tidur. Selanjutnya, pada pelaksanaan bimbingan belajar pada kali ini sebagian besar sama dengan sebelumnya yang mana sebelum memulai kegiatan, pertama masyarakat sasaran atau siswa berdoa bersama terlebih dahulu, lalu setelah berdoa pelaksana menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka. Kedua, masyarakat sasaran atau siswa masing-masing memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris. Akan tetapi yang selanjutnya tidak seperti sebelumnya, kali ini pelaksana bertanya terhadap siswa mengenai benda-benda yang ada di sekitar sekolah dan kamar tidur apa saja yang sudah mereka ketahui. Setelah itu, pelaksana menambahkan daftar benda-benda yang ada di sekitar sekolah dan kamar tidur yang belum diketahui oleh siswa. Lalu seperti sebelumnya, siswa membaca daftar benda-benda tersebut dalam Bahasa Inggris dan jika terdapat kesalahan dalam pengucapan, pelaksana langsung memberitahu siswa bagaimana pengucapan yang benar. Selanjutnya siswa diminta untuk menghafal dan setelah beberapa menit mereka akan diberikan pertanyaan secara acak tentang daftar tersebut, untuk mengukur apakah mereka ingat dan apakah cara pengucapannya benar.

Setelah bimbingan selesai, siswa diajak untuk bermain sebuah permainan (game). Permainan tersebut yakni tebak gambar. Dalam permainan ini siswa akan bergantian maju kedepan dan menebak beberapa gambar tentang benda-benda yang ada di sekitar sekolah dan kamar tidur yang telah disiapkan oleh pelaksana. Lalu, setelah semua siswa mendapatkan bagian dalam permainan tersebut, seperti sebelumnya siswa diajak untuk berdiskusi kembali tentang materi apa yang ingin dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Terakhir, setelah selesai melakukan diskusi pelaksana menutup bimbingan belajar.

Tentang Penulis