Memberikan Sosialisasi dan Pelatihan Secara Langsung Mengenai Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Para Pelaku UMKM di Desa Bunutin
- Oleh Ni Putu Ayu Wulandari
- Tuesday 27/07/2021
- Kelompok 206, Kelompok, Kelompok
Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 saya dan masyarakat sasaran telah menyepakati untuk melakukan pelatihan secara langsung mengenai penggunaan media sosial yang digunakan sebagai sebagai sarana penunjang pemasaran dan upaya peningkatan pendapatan kepada para pelaku UMKM di Desa Bunutin atau masyarakat sasaran. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan handsinityser sebelum melakukan kegiatan. Pelatihan penggunaan media sosial ini dilakukan secara langsung dengan tujuan pengoptimalan pemahaman masyarakat sasaran atau yang dikenal dengan istilah tidak hanya mengerti pada materi saja tetapi juga harus memahami dan langsung dapat mempraktekkannya. Pada hari ini terlihat bahwa antusias yang diberikan oleh masyarakat sasaran sangatlah bagus terlihat dari kehadiran dan kesanggupan untuk mengikuti pelatihan yang telah diadakan. Pelatihan ini diadakan dengan sistem jemput bola, istilah jemput bola merupakan suatu istilah yang dikenal dengan penyajian secara lisan atau tatap muka dalam suatu percakapan dengan satu invidu ataupun lebih dari satu individu. Secara jelasnya yaitu saya melakukannya dengan cara mendatangi satu persatu rumah dari masyarakat sasaran dimana untuk watu dan ketersediannya telah disepakati terlebih dahulu dengan masyarakat sasaran.
Adapun pelatihan yang diberikan pada hari ini yaitu mengenai penggunaan media sosial yaitu instagram marketing dimana saya telah secara langsung menjelaskan bahwa fitur instagram sangat bermanfaat dalam kegiatan pemasaran produk yang ingin dijual pada saat situasi pandemi saat ini, selain media sosial instagram dilakukan pula pelatihan mengenai penggunaan media sosial tiktok yang dapat juga dilakukan sebagai media pemasaran ditengah tengah pandemi yang tentu saja dapat membantu masyarakat sasaran agar orang lain mengetahui produk yang mereka miliki. Pada saat pelatihan saya menekankan bahwa produk dapat dilirik oleh konsumen apabila tampilan dari foto atau gambar yang diambil terlihat menarik dan dapat juga dilakukan sedikit pengeditan jika diperlukan untuk menambah kesan mewah pada produk yang kita promosikan. Selain pemberian materi tersebut saya juga telah memberikan hardcopy dari materi-materi yang telah diberikan sebelumnya kepada satu persatu dari masyarakat. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat sasaran dapat membacanya kembali dikemudian hari jika lupa bagaimana cara penggunaan media sosial tersebut. Tak hanya hal tersebut saya juga memberikan sedikit rasa ucapan terimakasih saya kepada masyarakat sasaran karena telah mengikuti kegiatan dengan sangat antusias atau respon yang diberikan sangatlah positif terhadap saya selama melakukan kegiatan KKN tersebut, maka saya memberikan masker kepada masyarakat sasaran yang dapat digunakan pada saat kondisi pandemi saat ini.
Sekian pemaparan kegiatan hari ini yang dapat saya sampaikan, berikut saya juga sertakan bukti dokumentasi dari kegiatan hari ini. Atas perhatian dan juga waktunya saya ucapkan terimakasih.