Membimbing/Melatih serta Melakukan Pendampingan terhadap Masyarakat Sasaran Melalui VC Grup

                Kamis, 22 Juli 2021 dilakukan kegiatan kepada masyarakat sasaran Desa Penyaringan. Kegiatan yang dilakukan berupa pembimbingan dan pelatihan terhadap masyarakat sasaran melalui Video Call (VC) Grup di aplikasi WhatsApp. Media VC Grup di WhatsApp dipilih karena tidak semua masyarakat sasaran memiliki aplikasi lain seperti Zoom atau Google Meet yang fungsinya serupa sehingga lebih memudahkan dalam berkomukasi. VC Grup berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) jam mulai dari pukul 18 : 35  hingga pukul 20 : 34. Waktu tersebut disepakati bersama sebelumnya karena ketidakmungkinan masyarakat sasaran akibat kesibukannya untuk melakukan VC Grup di siang atau sore hari. Disisi lain, kegiatan ini juga dibarengi dengan pemantauan terhadap masyarakat sasaran guna mengetahui sejauh mana progress pemasaran online berlangsung. 

           Video Call (VC) Grup dihadiri oleh semua masyarakat yang berjumlah 5 (lima) orang. Dalam kegiatan ini, masyarakat sasaran menyampaikan bahwa telah melakukan pemasaran secara online beberapa hari terakhir ini. Masyarakat sasaran ternyata lebih banyak yang menggunakan media WhatsApp untuk melakukan promosi online dibandingkan dengan kelima media lainnya. Tetapi ada juga yang menggunakan media Instagram karena merasa lebih memudahkan target konsumen untuk melihat foto-foto produk. Sedangkan hasil yang disampaikan setelah menerapkan pemasaran online yaitu pemasaran online sangat berpengaruh terhadap peningkatan omzet usaha selama beberapa hari terakhir. Sehingga masyarakat sasaran merasa bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk diterapkan guna meningkatkan perekonomian di tengah masa pandemi Covid-19. Namun, ternyata selama masyarakat sasaran menerapkan promosi online, terjadi kendala yang dihadapi. 

               Kendala yang dihadapi setiap masyarakat sasaran berbeda-beda. Kendala tersebut diantaranya adalah kebingungan yang dialami dalam membuat caption. Seperti yang diketahui bahwa untuk menarik minat target konsumen diperlukan caption yang semenarik mungkin. Untuk mengatasi hal ini, maka mahasiswa memberikan tips-tips guna membuat caption yang tidak hanya menarik tetapi juga terdapat informasi yang lengkap mengenai produk yang dipasarkan. Kendala lainnya adalah sulit untuk membuat foto produk agar terlihat semenarik mungkin. Lalu ada juga kendala seperti kesulitan dalam menjual produk karena target konsumen berjarak agak jauh dengan lokasi usaha, sehingga mahasiswa menyarankan untuk menerapkan sistem delievery. Mengingat juga saat ini tengah di masa pandemi yang menyebabkan target konsumen jarang keluar rumah, sehingga masyarakat sasaran dapat memanfaatkan sistem ini untuk meningkatkan omzet penjualan. Setelah semua kendala dapat dijawab satu per satu, kegiatan VC Grup ini berakhir dengan tidak adanya lagi pertanyaan-pertanyaan lain. 



Tentang Penulis