Membuat Materi Branding dan Membagikan Kepada Masyarakat Sasaran Serta Melakukan Diskusi Terkait Ketidakpahaman Masyarakat tentang Materi yang Diberikan.
- Oleh Ni Wayan Wulan Tari
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 226, Kelompok, Kelompok
Pada hari sabtu, tanggal 17 Juli
2021 merupakan pelakasanaan KKNbD Undiksha 2021 di Banjar Padpadan, Desa Petak
Kaja, Gianyar. Pada hari ini pelaksanaan menjalankan program kerjanya dengan
membuat materi branding dalam bentuk power point yang selanjutnya
dikonversikan kedalam video presentasi. Pada hari sabtu tanggal 17 juli
tersebut, pelaksana membuat materi branding dengan membahasa sub pokok pembasan
yaitu pengertian branding, unsur-unsur branding dan jenis-jenis branding, fungsi dan tujuan branding, serta pentingnya branding untuk kemajuan
bisnis. Materi yang diberikan pelaksana
KKNbD ini di cari dari berbagai referensi di internet. Setelah membuat materi branding dalam
bentuk power point, pelaksanaa membuat video presentasi untuk memudahkan
masyarakat sasaran menerima materi yang diberikan. Karena hampir seluruh
masyarakat lebih menyukai materi yang dibagikan dalam bentuk video dan kemudian
masyarakat lebih suka menonton video dari pada materi dalam bentuk power
point atau word yang dimana masyarakat harus membaca materi yang diberikan.
Setelah membuat video presentasi, pelaksana mengirimkan video materi tersebut
ke WhatsApp Group Masyarakat sasaran di Banjar Padpadan, Desa Petak
Kaja.
Setelah
pelaksana mengirimkan video presentasi tersebut, pelaksana melakukan diskusi
dengan masyarakat sasaran terkait kendala yang dialami dalam menerima materi
yang diberikan. Diskusi tersebut
dilakukan di WhatsApp Group Masyarakat Sasaran. Diskusi tersebut
membahasa tiga pembahasan penting yaitu apa nama merk dari produksi,
logo atau label kemasan produk serta tampilan visualnya. Pada diskusi ini
menghasilkan kesepakatan bahwa, untuk nama merknya diusulkan oleh salah
satu masyrakat sasaran dan disetujui oleh masyarakat sasaran lainnya yaitu Bernama
“Zafar” yang memiliki arti kejayaan
dengan harapan untuk kedepannya nama ini bisa memberikan kejayaan bagi produk
yang dibuat.
Setelah menyetujui
nama merknya, pembahasan selanjutnya yaitu membahas tentang logo atau
label kemasan produk. Pada pembahasan ini, masyarakat sasaran menyerahkan
kepada Pelaksana KKNbD tentang pembuatan label kemasan produk dengan langsung tampilan visualnya
karena masyarakat sasaran kurang paham mengenai cara pembuatan label tersebut.
Setelah melakukan
diskusi tersebut, pelaksana menyimpulkan bahwa masayarakt sasaran kurang
memahami cara pembuatan label kemasan produk, jadi selanjutnya tepatnya pada
hari minggu, tanggal 18 Juli 2021 membuat tutorial bagaimana pembuatan label
produk dengan aplikasi yang sederhana yaitu Microsoft word. Penggunaan aplikasi
ini dengan tujuan masyarakat bisa dengan mudah memahami tentang bagaimana
pembuatan label kemasan produk dengan memulai dengan aplikasi yang sederhana.
Berikut adalah
link dari video presentasi materi branding :
https://drive.google.com/file/d/1XfEPUO_NjlwVX6wOVPCwGyg85BgKDygZ/view?usp=drivesdk
Berikut adalah
link dari video presentasi cara
pembuatan label kemasan produk dengan Microsoft Word :
https://drive.google.com/file/d/1XfOIwfAKaHw5YFwQeq1H6Jxuip03p0IQ/view?usp=drivesdk
Berikut adalah link hasil diskusi dengan
masyarakat sasaran terkait materi branding:
https://drive.google.com/file/d/1XfAP4Cqfv555KqidEAILavVSQ2CrODh4/view?usp=drivesdk