memperkenalkan dan memberikan pengenalan mengenai perubahan kegiatan pembelajaran akibat Pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran secara daring. Pengalihan pembelajaran berbasis daring tentu membuat semua orang terasa tersentak, dan berusaha fokus pada pembelajaran berbasis daring. Secara umum, elemen yang paling berkaitan erat dengan pembelajaran berbasis daring ini adalah guru dan siswa

Senin, 8 Juli 2021 merupakan minggu pertama pelaksanaan KKNbD, adapun kegiatan yang saya lakukan pada hari ini yaitu memperkenalkan dan memberikan pengenalan mengenai perubahan kegiatan pembelajaran akibat Pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran secara daring.  Pengalihan pembelajaran berbasis daring tentu membuat semua orang terasa tersentak, dan berusaha fokus pada pembelajaran berbasis daring. Secara umum, elemen yang paling berkaitan erat dengan pembelajaran berbasis daring ini adalah guru dan siswa. 

Suasana pembelajaran dalam kondisi normal, kelas-kelas dipenuhi dengan tatap muka formal pembelajaran. Guru mempersiapkan materi ajar yang akan disampaikan di depan kelas, bahkan mungkin terjadi pada sebagian guru tanpa persiapan karena dianggap telah menguasai materi yang setiap hari disampaikannya. Gelak-tawa-riang ikut menyertai pembelajaran kelas dalam kondisi normal yang membuat siswa dan suasana kelas terlihat dinamika interaktifnya. Pembelajaran tatap muka dalam kelas memberikan sentuhan motivasi dan semangat belajar yang berbeda dengan kelas daring. Dalam kelas daring, interaksi guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa sangatlah sulit. Interaksi di dalam kelas daring sangat berbeda dengan interaksi pada kelas tatap muka normal. Begitu pun dengan kegiatan pembelajarannya. Maka dari itu, guru membutuhkan bantuan aplikasi untuk menangani permasalahan tersebut. Salah satunya dengan menggunaan aplikasi Zoom Meeting, aplikasi tersebut sangatlah membantu guru dalam hal melihat partisipasi serta interaksi siswa di kelas.

Tentang Penulis