Mempersiapkan Bahan Materi Edukasi Peluang Bisnis dan Strategi Digital Marketing Bagi Masyarakat di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng

Jumat,9 Juli – Minggu, 11 Juli 2021 telah terlaksana persiapan dalam pembuatan materi edukasi yang akan dibagikan pada WhatApp group masyarakat sasaran  Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Proses ini dikerjakan dalam kurun waktu tiga hari dan dalam pembuatan materi edukasi tersebut bahan atau sumber yang digunakan dilansir dari beberapa sumber terpercaya.

Materi edukasi yang dibuat berjumlah dua materi edukasi. Pertama mengenai edukasi tentang “Peluang Ide Bisnis dan Strategi Digital Marketing” dalam materi tersebut dijelaskan mengenai beberapa peluang bisnis di masa pandemi yang bisa masyarakat sasaran kerjakan salah satunya adalah dropshiper, bisnis kuliner, bisnis produk kesehatan, bisnis kebutuhan pokok, bisnis budidaya tanaman hias, bisnis jasa delivery service, content creator, dan freelance. Bentuk dari pemaparan materi berupa video yang disertai dengan beberapa penjelasan secara singkat. Selanjutnya pada materi edukasi yang pertama juga dipaparkan materi mengenai ap aitu digital marketing dan juga kelebihannya, serta dijelaskan mengenai strategi dalam digital marketing. Salah satu strategi digital marketing yang sudah dipaparkan dalam materi adalah search engine optimization (SEO), content marketing, sosial media marketing, google bisnisku, affiliate marketing, dan pay per click (PPC). Materi yang disajikan dikemas dengan menarik dan sejelas mungkin agar masyarakat sasaran mampu memahami dengan baik

Materi edukasi mengenai edukasi tentang “Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online” dalam materi tersebut juga sedikit dijelaskan apa itu promosi online dan bagaimana cara untuk melakukannya dengan baik. Salah satu cara promosi online yang baik adalah dengan menggunakan sosial media, dengan media search engine, dengan media marketplace, dan dengan media email. Tidak hanya cara promosi dalam media online saja tetapi dalam materi edukasi yang kedua juga akan dijelaskan mengenai bagaimana cara melayani konsumen online dengan baik dan benar, salah satunya adalah dengan selalu berusaha membalas pesan dari konsumen dengan cepat dan selalu interaktif kepada konsumen menggunakan bahasa yang ramah dan sopan, Serta hal lainnya dalam pelayanan konsumen secara  online adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon dan sesekali mengadakan giveaway. Materi dikemas dengan menarik dan sejelas mungkin agar masyarakat sasaran mampu memahami dengan baik.


Tentang Penulis
Devy Arista Ciptamiari