- Oleh Gede Pasek Kresna
- Friday 16/07/2021
- Kelompok 26, Kelompok, Kelompok
Pada
KKN Mandiri berbasis Daring (KMbD) dengan tema yang diambil adalah
Pendidikan/Pembelajaran di Masa/Pasca Pandemi Covid-19 dimana pada tema ini
mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan dan mengidentifikasi masalah pada system
pendidikan/pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Dalam penulisan proposal
ini adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan KKN mandiri guna mampu
membantu permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat pada masa pandemi
Covid-19. Masyarakat sasaran yang diambil adalah guru – guru SD yang sudah
memiliki smartphone atau memiliki laptop namun kurang mengerti untuk
mengaplikasikannya. Dalam dunia Pendidikan guru adalah seseorang yang sangat
berperan penting dalam pembelajaran, namun dimasa pandemic covid-19 saat ini
Mentri Pendidikan mengeluarkan surat edaran untuk melakukan pembelajaran secara
daring dan bekerja dirumah. Namun kebanyakan guru-guru terutama guru SD belum
mengerti tentang penggunaan media daring dalam melakukan pembelajaran serta
masih banyak guru yang belum mengetahui pembelajaran jarak jauh dimasa pandemic
covid-19 dengan baik sehingga masih banyak guru yang kebingungan mengenai
penggunaan media daring (aplikasi google meet) dan masih banyak guru yang
menerapkan pembelajaran learning atau guru menyiapkan materi dan tugas sebagai
evaluasinya dalam bentuk hardcopy atau fotocopyan yang kan diberikan kepada
siswa nya dengan cara mendatangi rumah siswa tersebut satu-persatu sehingga itu
menyebabkan tidak terlaksananya sosial distancing dan melanggar peraturan yang
sudah dibuat oleh mentri Pendidikan.