Mengujicobakan Hasil Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Yang Telah Dibuat Oleh Masyarakat Sasaran Kepada Siswa SD
- Oleh Ni Made Gayatri Dewi
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 171, Kelompok, Kelompok
Senin,
26 Juli 2021
Hari
ini saya mengujicobakan hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah
dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD. Kegiatan mengujicobakan media
interaktif berbasis game edukasi kepada siswa SD dilaksanakan pada pukul 08.00
– 12.00 WITA. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, yaitu dengan membagikan
link game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD.
Kegiatan mengujicobakan game edukasi kepada siswa SD ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat kendala dalam penggunaan game edukasi tersebut serta
untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh game edukasi tersebut terhadap siswa SD.
Kegiatan
ini saya awali dengan memberitahukan kepada masyarakat sasaran melalui Grup
Whatsapp Pelatihan Educandy mengenai jadwal kegiatan pelatihan hari ini.
Setelah itu, saya mengarahkan para masyarakat sasaran untuk mengujicobakan
hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat
sasaran kepada siswa SD. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, sehingga para
siswa memainkan game edukasi yang diberikan oleh guru mereka di rumahnya
masing-masing. Para siswa juga mendokumentasikan kegiatan bermain game mereka,
kemudian mengirimkan foto dokumentasi bermain game edukasi tersebut kepada guru
yang telah membagikan link game edukasi tersebut kepada mereka.
Setelah
para guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di dalam pelatihan membuat media
interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web Educandy ini telah
menerima foto dokumentasi dari para siswa SD, maka selanjutnya para guru
mengirimkan foto dokumentasi tersebut kepada saya melalui Grup Whatsapp
Pelatihan Educandy. Berdasarkan foto dokumentasi tersebut saya mengetahui bahwa
game edukasi tersebut dapat dimainkan oleh siswa baik melalui smartphone maupun komputer. Selain
itu, melalui foto dokumentasi tersebut saya dapat mengetahui bahwa siswa dapat
memainkan game edukasi tersebut dengan lancar tanpa adanya error walaupun dimainkan melalui
perangkat yang berbeda seperti smartphone dan
komputer. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa game edukasi yang telah dibuat
oleh masyarakat sasaran tidak terdapat kendala dalam penggunaan perangkat untuk
memainkan game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran menggunakan
situs web Educandy.
Pada
foto dokumentasi tersebut siswa juga terlihat antusias untuk menjawab soal yang
disajikan pada game edukasi tersebut. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa game
edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran dapat menarik minat siswa
untuk memainkan game edukasi tersebut. Jadi, melalui kegiatan pemberian game
edukasi ini kepada siswa, guru akan dapat menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan, yaitu suasana belajar sambil bermain.
Demikian
kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini. Untuk kegiatan yang
selanjutnya akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan KKNbD yang telah
saya buat pada Proposal Projek KKNbD.
Berikut ini saya lampirkan link foto dokumentasi tambahan dari kegiatan mengujicobakan hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD.
https://drive.google.com/file/d/1rP7Ko4uPb0SnBxej9niMuOOMNM0t9AUT/view?usp=sharing