Mengulang Kembali Materi Pembelajaran Pada Minggu-minggu Sebelumnya

Pada hari ini, Senin, 26 Juli 2021 sudah terlaksana kegiatan pendampingan belajar untuk anak-anak SD di Desa Antap secara langsung atau offline. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara langsung, namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, mencuci tangan/menggunakan handsanitizer, dan tetap menjaga jarak. Pendampingan belajar ini dilaksanakan dari pukul 09.00-12.00 WITA. Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh beberapa siswa kelas III dan IV diantaranya:

  • o   Putu Sani Ananda Putri (9 tahun)
  • o   Gusti Ayu Kadek Maharani Putri (8 tahun)
  • o   Kevin Dararya Ardana (8 tahun)
  • o   I Made Aditya Dwi Permana (10 tahun)
  • o   I Putu Bagus Irpan Juniantara Putra (10 tahun)
  • o   I Made Agus Suryawan (9 tahun)
  • o   I Kadek Khianjoe Pramudita Putra (9 tahun)

Kegiatan pendampingan belajar ini dilaksanakan dengan 2 sesi dalam satu hari. Sesi pertama kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00-10.15 WITA dengan melakukan salam terlebih dahulu setelah itu siswa dipimpin untuk melakukan doa bersama sebelum memulai pembelajaran. Kemudian siswa diminta untuk menggunakan handsanitizer terlebih dahulu. Setelah itu, pembelajaran dimulai dengan menanyakan pada siswa materi apa saja yang sudah mereka pelajari pada minggu-minggu sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan siswa mengenai materi pembelajaran yang sudah pernah diajarkan. Siswa kemudian menyebutkan materi-materi tersebut seperti Alphabet, Number, Calendar, Animal, Food & Drink, Verb, Expression Greeting & Parting, dan Introduction. Pada sesi pertama ini siswa diajak untuk mengulang kembali materi pelajaran tentang Alphabet, Number, Calendar, dan Animal terlebih dahulu. Sebelumnya siswa diminta untuk menuliskan Alphabet satu per satu ke papan tulis untuk mengingat kembali bagaimana tulisan serta bacaan dari Alphabet tersebut, kemudian dilanjutkan dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi Alphabet. Dilanjutkan dengan memberikan materi terkait dengan Number serta memberikan beberapa pertanyaan untuk mengingatkan siswa kembali terkait materi tersebut. Berikutnya untuk materi Calendar dan Animal juga melakukan hal yang sama yaitu dengan memberikan siswa beberapa pertanyaan terkait dengan Calendar dan Animal, kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan menuliskannya di papan tulis. Setelah materi selesai diberikan, siswa kemudian diberikan kesempatan untuk istirahat sekitar 15 menit sebelum melanjutkan pembelajaran di sesi kedua.

Materi kemudian dilanjutkan di sesi kedua yang dimulai dari pukul 10.30-12.00 WITA dengan materi Food & Drink, Verb, Expression Greeting & Parting, dan Introduction. Siswa diberikan materi tentang Food & Drink terlebih dahulu dengan meminta siswa untuk menyebutkan nama-nama makanan dan minuman yang mereka ketahui dalam bahasa Inggris. Setelah itu siswa diberikan beberapa pertanyaan terkait nama-nama makanan dan minuman dalam bahasa Indonesia kemudian siswa diminta untuk menuliskan bahasa Inggrisnya di papan tulis. Materi kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran tentang Verb. Masih ada siswa yang tidak terlalu mengingat materi terkait Verb ini, sehingga materi ini perlu diberikan sedikit penjelasan terlebih dahulu setelah itu siswa diminta untuk berlatih dengan menjawab pertanyaan yang diberikan kemudian menuliskan jawabannya di papan tulis. Setelah materi Verb sudah selesai, kemudian materi berlanjut ke bagian Expression Greeting & Parting. Untuk materi ini para siswa sudah lumayan memahaminya sehingga hanya perlu diberikan beberapa pertanyaan terkait materi tersebut dan materi bisa dilanjutkan ke bagian Introduction. Pada materi Introduction ini para siswa hanya diberikan cara memperkenalkan diri yang sederhana, sehingga tidak terlalu banyak materi yang diajarkan dibagian ini. Ketika materi pembelajaran sudah selesai diajarkan, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang kurang mereka pahami. Para siswa tidak ada yang memberikan pertanyaan terkait materi, hanya saja mereka merasa masih susah untuk mengingat kata-kata baru dalam materi yang mereka dapatkan, maka dari itu siswa disarankan untuk terus membaca ataupun mempelajari materi yang sudah mereka dapatkan selama kegiatan pembelajaran ini. Setelah kegiatan diskusi selesai, sebelum mengakhiri kegiatan siswa diberikan pengumuman terkait pertemuan selanjutnya, kemudian pembelajaran ditutup dengan melakukan doa bersama. Setelah itu siswa bisa pulang ke rumah masing-masing.

Tentang Penulis
Ni Luh Gede Indah Oktavirani