Meningkatkan Semangat Siswa Belajar Bahasa Inggris Selama Mengikuti Pembelajaran Daring di Desa Nagasepaha Minggu Pertama

Pada tanggal 10 Juli 2021, saya memulai jadwal hari pertama dari program yang telah saya rancang yaitu “Meningkatkan Semangat Siswa Belajar Bahasa Inggris Selama Mengikuti Pembelajaran Daring di Desa Nagasepaha”. Kegiatan ini saya awali pada pukul 15.39 WITA dengan memberikan informasi kepada siswa berupa pemberitahuan waktu kegiatan dimulai, yaitu pukul 16.00 WITA, dan memberikan link Google Meet yang akan digunakan. Pada pertemuan pertama ini, saya mulai dengan menanyakan nama lengkap dan nama panggilan siswa, kemudian saya memperkenalkan diri. Saya menjelaskan materi secara bilingual (menggunakan dua bahasa), yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Saya menggunakan Bahasa Inggris terlebih dahulu untuk menjelaskan materi yang saya bahas, yaitu Simple Present Tense, kemudian diikuti dengan menyampaikan terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami hal yang telah saya sampaikan ketika menggunakan Bahasa Inggris, sehingga dapat menambah kosakata mereka dalam Bahasa Inggris. Saya memberikan kesempatan kepada siswa, jika masih ada hal yang masih belum mereka pahami. Siswa juga terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dengan merespon pertanyaan yang saya ajukan, serta mau untuk bertanya. Pertemuan pertama saya akhiri dengan memberikan sebuah tugas sederhana untuk melatih pemahaman mereka dan dikumpulkan paling lambat pada pertemuan kedelapan yaitu pada minggu keempat Dan berikut ini adalah link rekaman untuk pertemuan hari pertama pada minggu pertama.

https://drive.google.com/file/d/1zSb5SQ18oVNtILCB0ieK_xO0jZTqigJR/view?usp=sharing 


Pada tanggal 11 Juli 2021, saya melaksanakan hari kedua dari program yang saya rancang. Pada pertemuan kedua ini, saya membahas mengenai Descriptive Text (Teks Deskripsi) yang masih berkaitan dengan materi pada pertemuan pertama, yaitu Simple Present Tense. Materi ini dipilih agar siswa dapat mengaplikasikan penggunaan Simple Present Tense pada suatu teks, yaitu teks deskripsi. Penjelasan materi dilakukan secara bilingual, agar siswa dapat memahami hal yang dijelaskan. Kegiatan pada hari kedua ini diakhiri dengan pemberian tugas yaitu menyusun secara mandiri teks deskripsi yang dapat mengenai manusia, hewan, tumbuhan, atau benda. Pemberian tugas ini bertujuan agar siswa dapat mengaplikasikan hal-hal terkait teks deskripsi yang telah dibahas, sehingga mereka dapat menguasai materi. Tugas ini dapat mereka kerjakan secara tulis tangan atau diketik pada Microsoft Word. Kemudian saya mengirimkan link rekaman untuk pertemuan hari kedua agar dapat ditonton kembali untuk dipelajari.

https://drive.google.com/file/d/1e98EZWMzYxsUjebHBXj1jU0I-dYit6IH/view?usp=sharing 


Tentang Penulis