Minggu Kedua : Kegiatan Hari Pertama Pemberian materi dan pengenalan Platform E-Commerce dan Hari Kedua tambahan kegiatan pengisian kuisioner mengenai pemahaman materi.
- Oleh Ni Gusti Ayu Putri Juliastini
- Saturday 18/07/2020
- Kelompok 94, Kelompok, Kelompok
Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dengan masyarakat sasaran , kegiatan hari pertama di minggu kedua berlangsung pada Hari Rabu, 15 Juli 2020 pukul 19.15 Wita. Dalam kegiatan hari pertama di minggu kedua ini dilaksanakan dengan pemberian berupa penambahan materi minggu pertama mengenai e-bussines, penambahan materi yang diberikan berupa pemahaman mengenai pentingnya menganalisis bisnis online bagi masyarakat pemula dalam menjalankan bisnis online dan penambahan materi mengenai pentingnya Kredibilitas (membangun kepercayaan konsumen) dalam bisnis online saat pandemic covid-19.Pada kegiatan ini materi disampaikan berupa ppt yang dijelaskan melalui video. Tujuan dari penambahan materi ini agar masyarakat paham mengenai pentingnya dalam menganalisa usaha bisnis online serta pentingnya membangun sebuah kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual/dipasarkan oleh masyarakat sasaran.
Kemudian, Kegiatan Inti pada hari pertama minggu kedua yaitu pemberian materi mengenai e-commerce dan pengenalan platform e-commerce dengan memberikan materi mengenai: 1) penyampaian materi mengenai pengertian e-commerce secara umum , 2) kemudian, penyampaian materi mengenai perbedaan antara e-bussines dengan e-commerce, 3) selanjutnya, pengenalan sosial media yang bisa digunakan sebagai platform e-commerce dalam memasarkan bisnis yang dijalankan oleh masyarakat sasaran. Dalam kegiatan ini, materi disampaikan berupa pemaparan melalui ppt yang dijelaskan melalui video.Tujuan dari kegiatan penyampaian materi di minggu kedua ini, memberikan pemahaman umum mengenai e-commerce dan gambaran penggunaan sosial media sebagai platform e-commerce dalam memasarkan produk yang dijual oleh masyarakat sasaran yang nantinya bisa dikenal oleh masyarakat luas apalagi melihat situasi di tengah pandemi pemanfaatan sosial media sangat berpengaruh pentng dalam proses pemasaran produk yang dijual oleh masyarakat sasaran. Setelah penyampaian materi yang diberikan, diadakan sesi diskusi yang mana masyarakat sasaran antusias bertanya mengenai hal-hal yang belum mereka pahami selama penyampaian materi tersebut.
Selain itu, disela sela kegiatan selama seminggu juga diadakan sharing informasi mengenai bisnis yang dilaksanakan oleh masyarakat diluar jadwal kegiatan yang telah dilakukan melalui personal chat kepada masing-masing masyarakat sasaran. Hal ini bertujuan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya penyampaian materi yang telah disampaikan terhadap kegiatan bisnis yang dilakukan oleh masyarakat sasaran dan mengetahui kesulitan masyarakat sasaran dalam pengimplementasian materi terhadap kegiatan dari bisnis yang sedang dijalankan.
Selanjutnya, Kegiatan Hari Kedua di Minggu Kedua. Pada kegiatan hari kedua ini dilaksanakan pada hari jumat, 17 juli 2018 kegiatan yang dilakukan berupa penyebaran kuisioner kepada masyarakat sasaran. Tujuan penyebaran kuisioner ini kepada masyarakat sasaran adalah untuk mengetahui seberapa pemahaman masyarakat selama mengikuti kegiatan penyamapaian materi yang disampaikan. Diketahui dari hasil kuisioner yang diberikan, tanggapan masyarakat sejauh ini memiliki dampak positif mengenai kegiatan karena banyak informasi yang disampaikan dari diadakan program kegiatan ini dan masyarakat sasaran merasa senang mengikuti program kegiatan ini.
Video Kegiatan Penyampaian Materi bisa diakses melalui link : https://drive.google.com/file/d/1I9h3qfT1H0S5rYcbu5yaNgErnQaM5WN_/view?usp=drivesdk dan https://drive.google.com/file/d/1drR1q8oVY2UvnImEorB7AHMPhw3JF9K7/view?usp=drivesdk