Minggu Keempat : Diskusi Group dan Melakukan Evaluasi Terhadap Masyarakat Sasaran Terkait Kegiatan Pelatihan Pemasaran Online Via Sosial Media
- Oleh Ni Wayan Citra Parwati
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 215, Kelompok, Kelompok
Kegiatan pelatihan pemasaran online serangkaian KMbD Undiksha 2020 telah berlangsung selama empat Minggu, dimana setiap minggunya selalu diadakan sesi diskusi online via WhatsApp Group Chat dan WhatsApp Group Video Call.
Sebelumnya pada Minggu pertama telah dilakukan sosialisasi daring mengenai pemanfaatan media sosial sebagai tempat melaksanakan pemasaran secara online oleh masyarakat sasaran. Lalu pada Minggu kedua, penulis memberikan tips-tips mengenai online marketing dengan membuatkan sebuah video agar masyarakat sasaran lebih tertarik dan lebih mudah untuk memahami isi dan informasi yang ingin disampaikan penulis. Kemudian pada minggu ketiga, masyarakat sasaran melakukan e-commerce dengan tetap didampingi penulis dan masyarakat sasaran oleh penulis diberikan sebuah video tutorial untuk mendesain pamflet/poster yang menarik untuk mendukung kegiatan promosi, video ini dibuatkan karena beberapa masyarakat sasaran masih kurang mampu untuk mendesain sebuah pamflet untuk memasarkan suatu produk. Masyarakat sasaran sangat antusias selama kegiatan berlangsung terutama saat melakukan diskusi group kelima masyarakat sasaran ikut berkontribusi didalamnya.
Masyarakat sasaran telah melakukan kegiatan pemasaran secara online dari minggu kedua sesuai dengan tips-tips yang diberikan penulis, namun baru lancar melakukan pemasarannya sejak Minggu ketiga karena sebelumnya masih ada masyarakat yang belum mampu melakukannya (membuat pamfletnya). Masyarakat sasaran melakukan pemasaran online di akun media sosialnya masing-masing. Ada yang memasarkan usahanya sendiri dan ada yang memasarkan usaha yang khusus dibuat untuk kegiatan pelatihan ini (cetak polaroid). Penulis tetap melakukan pendampingan bagi masyarakat sasaran terkait kegiatan pemasaran yang dilakukan. Melalui video-video yang di share pada setiap diskusi online, masyarakat sasaran membuat sistem atau kegiatan pemasarannya sendiri yang dinilai lebih memuaskan oleh masyarakat.
Pada tanggal 1Agustus 2020, berkenaan dengan akan berakhirnya kegiatan KMb, penulis melakukan evaluasi terhadap masyarakat sasaran terkait kegiatan pelatihan yang telah dilakukan. Evaluasi ini dilakukan dengan sistem personal chat dan mendapat respon positif dari kelima masyarakat sasaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui secara keseluruhan kendala yang dihadapi masyarakat serta kesan masyarakat selama mengikuti kegiatan pelatihan ini. Masyarakat sasaran mengaku senang mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena bisa ssaling berkomunikasi dengan baik dan mendapat pembelajaran baru.
Melalui kegiatan pelatihan ini 2 dari 5 orang masyarakat sasaran telah mampu menemukan celah bagi perkembangan kreativitas dan usaha yang mereka miliki. Dengan melakukan pemasaran secara online masyarakat sasaran mampu membuat lebih banyak orang mengetahui produk apa saja yang mereka jual. Masyarakat sasaran atas nama Audy sebelumnya hanya membuatkan canang untuk tetangganya, setelah melakukan pemasaran secara online Audy menerima pesanan canang yang lebih. Lalu masyarakat sasaran atas nama Ari sebelumnya memang memiliki minat gambar yang baik namun belum pernah menerima pesanan sebelumnya dan hanya melatih diri dengan melukis wajah-wajah selebritis untuk disimpan sendiri, melalui kegiatan diskusi dengan diberikan motivasi untuk lebih memanfaatkan waktu luangnya akhirnya Ari milai menawarkan jasanya melalui kegiatan pemasaran online ini. Kelima masyarakat sasaran mengaku mengerti dengan materi-materi yang diberikan dan telah mempraktikkannya dengan baik. Hasil evaluasi terhadap masyarakat sasaran terkait kegiatan pelatihan berupa screenshoot chat yang dirangkum dan dibuatkan sebuah video hasil evaluasi.
Berikut ini link dari video terkait kegiatan pelatihan pemasaran berupa video proses diskusi dan hasil evaluasi.