Pelaksanaan Kegiatan KMbD Minggu ke-2: Bimbingan Belajar untuk Siswa SMP Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA

  Pelaksanaan kegiatan KMbD dengan program kerja bimbingan belajar bersama siswa/i SMP Kelas VIII dengan mata pelajaran IPA dilaksanakan pada minggu ke-2. Jadwal kegiatan program kerja tersebut dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam seminggu, yaitu tepatnya pada Selasa, 14 Juli 2020 dan Kamis, 16 Juli 2020. Materi pokok yang diajarkan pada minggu ke-2 pelaksanaan KMbD ini ialah tentang Gerak pada Makhluk Hidup. Sub materi dari materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup ialah Gerak pada Tumbuhan, Gerak pada Hewan, dan Gerak pada Manusia. Masyarakat sasaran (siswa/i) harus mengerjakan tugas berupa mind mapping pada room tugas di aplikasi Google Classroom yang sudah dibuat oleh peserta KMbD (mahasiswa). Masyarakat sasaran (siswa/i) diminta untuk membuat mind mapping dengan alasan agar memiliki sedikit pemahaman/wawasan terkait materi yang akan diajarkan. Mind mapping dikumpulkan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan KMbD berlangsung.

    Pelaksanaan KMbD di Hari Selasa, 14 Juli 2020 dengan membahas 2 sub materi yaitu Gerak pada Tumbuhan dan Gerak pada Hewan. Pembahasan 2 sub materi ini dikarenakan materi pokok/bab ini cukup padat sehingga 1 sub materi lainnya dibahas pada hari yang sudah dijadwalkan. Peserta KMbD (mahasiswa) mengirimkan PPT yang berisikan materi yang akan dipelajari pada sehari sebelum pelaksanaan kegiatan KMbD. Peserta KMbD (mahasiswa) mengirimkan link kelas meeting (aplikasi Google Meets) di grup WhattsApp sebelum pembelajaran berlangsung. Masyarakat sasaran (siswi) sangat antusias selama pembelajaranhal ini dikarenakan menggunakan aplikasi video conference berbeda dengan teknik pembelajaran daring di sekolah siswi tersebutPembelajaran daring yang dilakukan oleh guru di sekolah siswi tersebut tidak menggunakan aplikasi video conference. Pelaksanaan kegiatan KMbD Hari Selasa ini hanya diikuti oleh 3 siswi, diantaranya Kadek Chintya, Dian Purnama, dan Ranti Oktaviani. Tiga (3) siswi lainnya tidak dapat mengikuti karena memiliki kegiatan lain, diantaranya Tara Aulia dan Amelia mengikuti kegiatan OSIS di sekolah, serta Anita Sukma mengikuti upacara agama. Tiga (3) siswi tersebut tidak mengikuti pemaparan materi dalam video conference (Google Meets), namun mereka tetap membuat LKS yang sudah diberikan. 

    Peserta KMbD (mahasiswa) mengirimkan LKS di grup WhattsApp setelah pembelajaran telah selesai di aplikasi Google Meets. LKS dikerjakan oleh masyarakat sasaran dengan waktu yang sudah disiapkan. Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan LKS agar masyarakat sasaran (siswa/i) tidak jenuh dalam menerima pelajaran serta mengetahui sejauh mana pemahaman dari siswa/i tersebut. Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan LKS, dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu siswa/i mampu mengidentifikasi jenis gerak yang dilakukan tumbuhan/tanaman yang berada di sekitar tempat tinggal mereka. Berdasarkan data hasil yang sudah dibuat, siswa/i menjawab dengan tepat serta sesuai dengan materi yang sudah dipaparkan sebelumnya. Namun, siswa/i belum memahami terkait kata "rumusan masalah dan hipotesis" yang tercantum dalam LKS, sehingga peserta KMbD (mahasiswa) memberikan penjelasan terlebih dahulu. Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan pertanyaan sebelum mengakhiri pembelajaran dan mengevaluasi materi yang disampaikan sebelumnya, agar siswa/i memiliki pemahaman yang lebih mendalam.  

Sekian kegiatan KMbD minggu ke-2 pada Hari Selasa, 14 Juli 2020 bersama dengan masyarakat sasaran (siswa/i). Terdapat beberapa bukti foto selama proses kegiatan KMbD. Terimakasih...