Pelaksanaan Kegiatan KMbD Minggu ke-2: Bimbingan Belajar untuk Siswa SMP Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA
- Oleh Rai Suwitri Kesumayanti
- Friday 17/07/2020
- Kelompok 81, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan kegiatan KMbD dengan program kerja
bimbingan belajar bersama siswa/i SMP Kelas VIII dengan mata pelajaran IPA
dilaksanakan pada minggu ke-2. Jadwal kegiatan program kerja tersebut
dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam seminggu, yaitu tepatnya pada Selasa, 14
Juli 2020 dan Kamis, 16 Juli 2020. Materi pokok yang diajarkan pada minggu ke-2
pelaksanaan KMbD ini ialah tentang Gerak pada Makhluk Hidup. Sub materi dari
materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup ialah Gerak pada Tumbuhan, Gerak pada
Hewan, dan Gerak pada Manusia. Masyarakat sasaran (siswa/i) harus mengerjakan
tugas berupa mind mapping pada room tugas di aplikasi Google Classroom yang sudah dibuat oleh
peserta KMbD (mahasiswa). Masyarakat sasaran (siswa/i) diminta untuk membuat mind mapping dengan alasan agar
memiliki sedikit pemahaman/wawasan terkait materi yang akan diajarkan. Mind mapping dikumpulkan sehari sebelum
pelaksanaan kegiatan KMbD berlangsung.
Pelaksanaan KMbD di Hari Selasa, 14 Juli 2020 dengan
membahas 2 sub materi yaitu Gerak pada Tumbuhan dan Gerak pada Hewan.
Pembahasan 2 sub materi ini dikarenakan materi pokok/bab ini cukup padat
sehingga 1 sub materi lainnya dibahas pada hari yang sudah dijadwalkan. Peserta
KMbD (mahasiswa) mengirimkan PPT yang berisikan materi yang akan dipelajari
pada sehari sebelum pelaksanaan kegiatan KMbD. Peserta KMbD (mahasiswa)
mengirimkan link kelas meeting (aplikasi Google
Meets) di grup WhattsApp sebelum
pembelajaran berlangsung. Masyarakat sasaran (siswi) sangat antusias selama
pembelajaran, hal ini dikarenakan
menggunakan aplikasi video conference berbeda
dengan teknik pembelajaran daring di
sekolah siswi tersebut. Pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru di
sekolah siswi tersebut tidak menggunakan aplikasi video
conference. Pelaksanaan kegiatan KMbD Hari Selasa ini hanya diikuti oleh 3
siswi, diantaranya Kadek Chintya, Dian Purnama, dan Ranti Oktaviani. Tiga (3)
siswi lainnya tidak dapat mengikuti karena memiliki kegiatan lain, diantaranya
Tara Aulia dan Amelia mengikuti kegiatan OSIS di sekolah, serta Anita Sukma
mengikuti upacara agama. Tiga (3) siswi tersebut tidak mengikuti pemaparan
materi dalam video conference (Google
Meets), namun mereka tetap membuat LKS yang sudah diberikan.
Peserta KMbD (mahasiswa) mengirimkan LKS di grup WhattsApp setelah pembelajaran telah
selesai di aplikasi Google Meets.
LKS dikerjakan oleh masyarakat sasaran dengan waktu yang sudah disiapkan.
Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan LKS agar masyarakat sasaran (siswa/i) tidak
jenuh dalam menerima pelajaran serta mengetahui sejauh mana pemahaman dari
siswa/i tersebut. Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan LKS, dengan tujuan
pembelajaran yang diharapkan yaitu siswa/i mampu mengidentifikasi jenis gerak
yang dilakukan tumbuhan/tanaman yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.
Berdasarkan data hasil yang sudah dibuat, siswa/i menjawab dengan tepat serta
sesuai dengan materi yang sudah dipaparkan sebelumnya. Namun, siswa/i belum
memahami terkait kata "rumusan masalah dan hipotesis" yang tercantum
dalam LKS, sehingga peserta KMbD (mahasiswa) memberikan penjelasan terlebih
dahulu. Peserta KMbD (mahasiswa) memberikan pertanyaan sebelum mengakhiri
pembelajaran dan mengevaluasi materi yang disampaikan sebelumnya, agar siswa/i
memiliki pemahaman yang lebih mendalam.
Sekian kegiatan KMbD minggu ke-2 pada Hari Selasa, 14 Juli 2020
bersama dengan masyarakat sasaran (siswa/i). Terdapat beberapa bukti foto
selama proses kegiatan KMbD. Terimakasih...