Pelaksanaan KKNbD 2021 Berupa Pemberian Materi Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Pecahan
- Oleh Rizky Ananda Hidayat Putri
- Thursday 08/07/2021
- Kelompok 224, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 8 Juli 2021 penulis melaksanakan kegiatan KKNbD yang ketiga. Pelaksanaan dilaksanakan di rumah penulis yaitu di Desa Pendarungan, Banyuwangi. Untuk masyarakat sasaran yang hadir sebanyak 10 orang yang terdiri dari siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar.
Kegiatan diawali dengan berdoa sebelum belajar lalu dilanjutkan dengan meriview materi sebelumnya dengan cara memberikan masyarakat sasaran 4 soal untuk dikerjakan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat sasaran tidak lupa dengan materi sebelumnya. 4 soal tersebut terdiri mebandingkan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama dan mengurutkan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama. Terdapat kendala ketika melakukan review materi sebelumnya yaitu terdapat beberapa masyarakat yang masih lupa dengan cara mengurutkan pecahan berpenyebut tidak sama sehingga materi tersebut harus diulang agar masyarakat sasaran bisa memahaminya.
Kegiatan selanjutkan yaitu pemberian materi mengenai menentukan pecahan senilai. Penulis memberikan penjelasan singkat dengan menggunakan media papan tulis dan masyarakat mencatat materi di buku masing-masing. Agar membuat masyarakat sasaran tidak merasa bosan maka penulis memberikan media belajar online yang terdapat di aplikasi Phet. Penggunaan aplikasi Phet tersebut dapat membuat masyarakat sasaran lebih mengerti tentang bagaimana membandingkan pecahan yang senilai. Masyarakat sasaran lebih semangat ketika kegiatan belajar berlangsung dengan aplikasi tersebut.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai jenis-jenis pecahan. Masyarakat sasaran diberikan video yang diperoleh dari youtube dan masyarakat sasaran mendengarkan materi dalam video tersebut sambil mencatatnya. Terdapat 4 jenis pecahan yang memiliki ciri-ciri masing-masing diantaranya pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, dan persen. Penulis memberikan sedikit penjelasan agar masyarakat sasaran lebih mengerti dengan materi yang disampaikan. Setelah mencatat penulis memberikan beberapa soal dan setiap masyarakat sasaran mendapatkan 1 soal kemudian diberi beberapa pertanyaan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kemampuan siswa memahami materi dan membedakan jenis-jenis pecahan.
Kegiatan diakhiri dengan membaca doa bersama dan pulang ke rumah masing-masing.
Berikut merupakan link aplikasi Phet https://phet.colorado.edu/sims/html/fraction-matcher/latest/fraction-matcher_en.html
Berikut merupakan link video kegiatan pada hari Kamis tanggal 8 Juli 2021 https://drive.google.com/drive/folders/12uYVhgEc84ysHo9pY7HvJuG-k7Kecpw4?usp=sharinghttps://phet.colorado.edu/sims/html/fraction-matcher/latest/fraction-matcher_en.html