Pelaksanaan KKNbD di Desa Telaga: Evaluasi Kegiatan KKNbD

KKNbD Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Pada akhir minggu keempat, dilaksanakan kegiatan KKNbD tentang Evaluasi Kegiatan KKNbD yang dilaksanakan di Desa Telaga. Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari yaitu dari tanggal 31 Juli sampai tanggal 1 Agustus 2021.

Pada tanggal 31 Juli 2021, penulis mempersiapkan pertanyaan dan website yang digunakan untuk evaluasi. Kegiatan pembuatan survey dilaksanakan pada siang hari yaitu dari pukul jam 14:00-16:00 WITA. Website yang digunakan dalam evaluasi ini adalah Google Form, karena pembuatan survey di website tersebut cukup mudah dan masyarakat sasaran dapat menjawab survey dengan praktis tanpa harus menggunakan akun. Pertanyaan yang terdapat pada survey dibuat untuk mengevaluasi seberapa paham masyarakat sasaran tentang pelatihan yang diberikan selama kegiatan KKNbD.

Pada tanggal 1 Agustus 2021 dilaksanakan kegiatan memberikan survey kepada masyarakat sasaran untuk dijawab, survey dibagikan melalui grup WhatsApp. Kegiatan pemberian materi dan diskusi dilakukan pada siang hari yaitu dari pukul jam 11:00-13:00 WITA. Kegiatan dimulai dengan mengucapkan salam dan membagikan survey di grup WhatsApp, waktu yang diberikan untuk menjawab survey adalah selama 2 jam untuk memberikan waktu untuk kesibukan masyarakat sasaran masing-masing. Setelah menjawab survey, hasil jawaban survey dari masyarakat sasaran di cek untuk dianalisis. Hasil dari kegiatan survey ini, sudah semua masyarakat dapat memahami pelatihan PHBS dan Disinfektan yang diberikan selama kegiatan KKNbD dengan baik.

Tentang Penulis