Pelaksanaan KKNbD di Desa Telaga pada Minggu Keempat: Kegiatan Pembuatan Disinfektan Sederhana

KKNbD Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Pada minggu keempat, dilaksanakan kegiatan KKNbD yaitu Pembuatan Disinfektan Sederhana yang dilaksanakan di Desa Telaga. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga hari yaitu dari tanggal 26 Juli sampai tanggal 28 Juli 2021.

Pada tanggal 26 Juli dilaksanakan kegiatan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat disinfektan sederhana. Kegiatan mempersiapkan alat dan bahan dilakukan dari pukul 08:00 sampai pukul 10:00 WITA. Kegiatan ini diawali dengan mencari alat dan bahan di sekitar rumah yang bisa dipakai untuk pembuatan disinfektan. Tujuan pencarian alat dan bahan di sekitar rumah adalah untuk mengurangi konsumsi terutama pada masa pandemi Covid-19 ini yang tidak memungkinkan untuk mencari atau membeli alat dan bahan di tempat lain. Walaupun ada beberapa bahan yang tidak bisa dicari di sekitar rumah dan harus dibeli, semua alat dan bahan yang diperlukan dapat dipersiapkan.

Pada tanggal 27 dan 28 Juli dilaksanakan kegiatan membuat disinfektan sederhana. Kegiatan membuat disinfektan sederhana ini dilakukan dari pukul 12:00 sampai pukul 15:00 WITA di kedua hari. Kegiatan ini diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk pembuatan disinfektan kemudian langkah selanjutnya mengikuti materi pembuatan disinfektan sederhana yang sudah dibagikan pada pelatihan pembuatan disinfektan di minggu sebelumnya. Kegiatan ini memakan waktu yang lama dikarenakan kurangnya pemahaman dalam pembuatan disinfektan yang membuat masyarakat sasaran mengulang beberapa kali dalam pembuatan disinfektan, umumnya kurang memahami perbandingan antara cairan pemutih dengan air. Walaupun ada beberapa kendala, kegiatan pembuatan disinfektan dapat diselesaikan dengan baik.

Tentang Penulis