PELAKSANAAN PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFROM ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK
- Oleh Komang Kerta Wijaya
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 195, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan dari program kerja Pelatihan Pemanfaatan Platfrom Online
Sebagai Media Pemasaran Produk dilakukan secara bertahap. Pada tahap persiapan
pelatihan telah dilakukan diskusi dengan masyarakat sasaran waktu
pelaksanaan pelatihan, dari diskusi tersebut didapatkan jadwal pelatihan pada
tanggal 14, 17, 19, dan 20 Juli 2021.
Pelatihan I
Pelatihan ke-I dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2021 dengan 2 orang masyarakat
sasaran yaitu Bu Luhde dan Bapak Kadek Dalem dengan waktu yang berbeda.
Pelatihan ini dilakukan secara langsung atau secara offline dengan datang
kerumah masyarakat sasaran.
Pelatihan dengan Bu Luhde dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita s/d
11.05 Wita, Bu Luhde merupakan pedagang beras dan produk makanan lainnya.
Pelatihan dimulai dengan menginstal aplikasi Shopee dan Tokopedia selajutnya
melakukan pembuatan akun dan pembukaan toko pada Shopee dan Tokopedia sesuai
dengan langkah-langkah pada materi Pelatihan Pemanfaatan Platfrom Online
Sebagai Media Pemasaran Produk yang sebelumnya telah dibagikan. Pemostingan
produk dilakukan setelah pembuatan akun beserta identitas dari toko telah
terisi. Namun terdapat kendala pada saat pemostingan produk pada platfrom
Shopee, dimana permasalahanya pada pencantuman merek dari produk beras Fortune
yang tidak ditemukan. Pencarian dilakukan beberapa menit dan akhirnya merek
beras Fortune ditemukan pada flatfrom Shopee. Pemasalahan lain yang terjadi
pada pelatihan dengan Bu Luhde yaitu akun Facebook dari Bu Luhde tidak dapat
login sehingga pemasaran pada platform Facebook tidak dapat dilakukan.
Pelatihan dengan Bapak Kadek Dalem dilaksanakan pada pukul 12.15 Wita s/d
14.00 Wita. Bapak Kadek Dalem merupakan penjual hasil alam yang diperoleh dari
petani, seperti Jahe, Cabai, Sawo, Wani dan lain-lain. Pelatihan langsung pada
pembuatan akun karena sebelumnya beliau telah menginstal aplikasi Shopee dan
Tokopedia. Pembuatan akun dan pembuatan toko pada flatform tidak mengalami
kendala, pemostingan produk juga tidak mengalami kendala. Akun Facebook dari
Bapak Kadek Dalem aktif sehingga pemostingan produk pada Marketplace Facebook
dapat dilakukan.
Pelatihan II
Pelatihan ke-II dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2021 dengan masyarakat
sasaran Agus Saputra, pelatihan berlangsung pada pukul 13.00 Wita s/d 15.04
Wita. Pelatihan dilakukan secara langsung atau secara offline dengan datang
kerumah masyarakat sasaran. Agus Saputra merupakan pelaku UMKM sebagai penjual
Dupa. Pelatihan bersama Agus Saputra berjalan lancar, pembuatan akun serta
pembukaan toko pada aplikasi Shopee dan Tokopedia tidak mengalami kendala. Agus
Saputra sendiri sangat ingin melakukan pemasaran online dan pada saat pelatihan
beliau sangat antusias. Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pemostingan produk
Dupa pada flatfrom Shopee dan Tokopedia, akun Facebook dari Agus Saputra
aktif dan pemostingan produk Dupa dilakukan pada Marketplace Facebook.
Pelatihan III
Pelatihan ke-III dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021 dengan masyarakat
sasaran Kristina Twelvy, pelatihan berlangsung pada pukul 08.50 Wita s/d 11.01
Wita. Pelatihan dilakukan secara langsung atau secara offline dengan datang
kerumah masyarakat sasaran. Kristina Twelvy merupakan UMKM Bokor, ia
memproduksi kerajinan Bokor dan memasarkan hasil kerajinan Bokor tersebut.
Pelatihan Pemanfaatan Platfrom Online Sebagai Media Pemasaran Produk dengan
Kristina Twelvy hanya dilakukan pada salah satu aplikasi yaitu Tokopedia, hal
ini dikarenakan Smartphone dari Kristina Twelvy tidak memiliki cukup ruang
untuk menginstal kedua aplikasi pemasaran. Pembuatan akun dan pembukaan toko
pada aplikasi Tokopedia berjalan lancar. Pemostingan produk pada toko tidak
mengalami kendala.
Pelatihan IV
Pelatihan Ke-IV dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021 dengan masyarakat
sasaran Bu Asri, pelatihan dilakukan secara langsung atau secara offline dengan
datang kerumah masyarakat sasaran. Pelatihan berlangsung pada pukul 08.25 Wita
s/d 09.25 Wita. Sama halnya dengan masyarakat sasaran Kristina Twelvy,
pelatihan dengan Bu Asri mengalami kendala pada penyimpanan Smartphone yang
digunakan sehingga pelatihan hanya dilakukan pada aplikasi Tokopedia. Pelatihan
pembuatan akun dan pembukaan toko pada aplikasi Tokopedia tidak mengalami
kendala. Namun, pada saat pemostingan produk terdapat kendala produk tidak
dapat dipublikasikan, solusi untuk kendala ini yaitu dengan ngupdate aplikasi
Tokopedia. Setelah aplikasi berhasil diupdate Bu Asri kembali mencoba
mempublikasikan produk dan akhirnya publikasi produk dapat dilakukan. Untuk
pemostingan produk pada Marketplace Facebook tidak mengalami kendala.
Pelatihan Pemanfaatan Platfrom Online Sebagai Media Pemasaran Produk dilaksanakan secara offline dengan datang langsung kerumah masyarakat sasaran dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang berlaku dimasa Pandemi Covid 19. Pelatihan ini dilakukan secara offline dengan tujuan agar masyarakat benar benar paham tentang pembuatan akun serta cara pemostingan produk mereka. Selain pelatihan pembuatan akun, pembukaan toko serta cara pemostingan produk, penulis juga memberikan pelatihan cara memproses pesan yang diterima pada flatform online. Namun terdapat kendala pada pemostingan produk pada Marketplace Facebook dimana pihak Facebook akan melakukan peninjauan terhadap postingan dengan waktu beberapa hari sebelum postingan produk dapat dipublikasikan. Terdapatnya kendala pada suatu kegiatan merupakan hal yang wajar, pada kegiatan pelatihan ini tidak terdapat kendala yang berarti sehingga pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar.