Pelaksanaan Program KKNbD Hari Kedua Berupa Pemberian Materi Kepada Masyarakat Sasaran Tentang Pecahan

Pada tanggal 7 Juli 2021 penulis melaksanakan kegiatan KKNbD yang kedua. Pelaksanaan dilaksanakan di rumah penulis yaitu di Desa Pendarungan, Banyuwangi. Untuk masyarakat sasaran yang hadir sebanyak 9 orang yang terdiri dari siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemberian materi mengenai pecahan dengan menggunakan media belajar yang ada. Untuk media belajar yang digunakan seperti laptop, LCD proyektor, buku lks, papan tulis, dan video dari youtube. Dengan adanya media belajar tersebut dapat membantu masyarakat sasaran untuk lebih memahami materi yang diberikan. Adapun poin materi yang diberikan yaitu mengenai arti pecahan, menentukan letak pecahan pada garis bilangan, membandingkan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama, dan mengurutkan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama. 

Kegiatan diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan menonton video yang diperoleh dari youtube mengenai pecahan. Disela menonton video penulis menanyakan mengenai materi yang terdapat di video agar masyarakat sasaran tidak merasa bosan dan melatih pemahaman masyarakat sasaran dalam memahami materi di video yang diberikan. Selanjutkan setelah menonton video kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dan contoh soal oleh penulis. Disela kegiatan penulis juga mengajari masyarakat sasaran bagaimana menggunakan trik perkalian dengan menggunakan jari tangan agar lebih cepat. Tak hanya itu, penulis juga mengajarkan masyarakat sasaran mengenai bagaimana menyamakan penyebut dari beberapa bilangan pecahan yang tidak sama. Dengan mengajarkan cara tersebut dapat memudahkan masyarakat sasaran memahami materi. 

Untuk melatih semangat masyarakt sasaran penulis memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis. Tak hanya itu, penulis juga mengajak masyarakat sasaran yang kurang fokus dalam belajar untuk mengerjakan contoh soal ke depan. Dengan cara tersebut masyarakat sasaran akan lebih fokus dalam kegiatan belajar.