Pelatihan dan Pendampingan Praktek Penggunaan Aplikasi Game Edukasi "Belajar Aksara Bali" Dari Setiap Menu yang Ada, Sekaligus Melakukan Uji Coba dengan Pemberian Kuis atau Latihan Soal dan Kegiatan Diskusi
- Oleh Ni Luh Ayu Adnyani
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 73, Kelompok, Kelompok
Pada hari Senin,
tanggal 26 Juli 2021 adapun kegiatan yang Saya lakukan yakni, pertama, memberikan
pelatihan dan pendampingan praktek penggunaan aplikasi Game Edukasi “Belajar Aksara Bali” dari setiap menu yang ada (tahap
2). Praktek tahap 2 ini merupakan lanjutan dari praktek tahap 1 yang telah
dilakukan pada minggu ke-3. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat sasaran
mampu mempraktekkan penggunaan aplikasi game
edukasi dari setiap menu yang ada melalui video tutorial yang telah diberikan
dan disimak pada pertemuan sebelumnya. Keseluruhan kegiatan ini dilakukan
melalui WhatsApp grup dari rumah
masing-masing. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengarahkan masyarakat
sasaran untuk melakukan praktek tahap 2, penggunaan Aplikasi Game Edukasi “Belajar Aksara Bali” secara
mandiri menggunakan smartphone
masing-masing sesuai dengan video tutorial yang telah diberikan sebelumnya, mulai
dari praktek pada menu melajah,
latihan dan menu praktek.
Pada praktek tahap 2 ini, masyarakat sasaran melakukan
praktek dengan 1 kali pengulangan untuk setiap menu yang ada, lalu khusus untuk
menu “praktek”, selain dipraktekkan pada aplikasi tersebut, masyarakat sasaran
juga mempraktekannya langsung dibuku tulis masing-masing. Jadi yang langsung
dipraktekkan dibuku tulis hanya untuk menu praktek saja. Namun siswa juga
diperbolehkan apabila ingin mempraktekkan menu-menu yang lainnya pada buku
tulis, tentunya akan lebih bagus dan lebih baik. Setelah itu, sebagai bukti
kegiatan, saya memohon bantuan masyarakat sasaran untuk memberikan dokumentasi
kegiatan berupa foto (hasil praktek yang dituliskan pada buku tulis) dan video
(pada saat siswa melakukan praktek tahap 2) yang juga digunakan untuk kelengkapan
dan dokumentasi kegiatan dalam penyusunan blog pada SIM KKN. Dokumentasi
tersebut juga dilakukan untuk memastikan bahwa siswa memang telah melakukan
praktek tahap 2 dengan baik dan benar. Adapun keseluruhan dokumentasi kegiatan
ini dapat diakses pada link berikut :
https://drive.google.com/drive/folders/1DxOU6Iyrhe7irvCJvlwJdtGq81AbOEzf?usp=sharing
dikarenakan foto kegiatan melebihi
kapasitas jumlah foto yang dapat diupload
pada Blog.
Kegiatan kedua yakni
melakukan uji coba dengan memberikan soal latihan atau kuis kepada siswa.
Kegiatan ini dilaksanakan setelah siswa selesai melakukan praktek tahap 2
dengan tujuan agar masyarakat sasaran (siswa) mampu melatih kemampuannya
setelah melakukan latihan atau praktek penggunaan Aplikasi Game Edukasi “Belajar Aksara Bali” baik tahap 1 maupun tahap 2. Uji
coba ini dilakukan dengan cara memberikan link
kuis atau latihan soal yang telah dibuat dengan menggunakan wordwall, kemudian mengarahkan siswa untuk
menjawab kuis tersebut. Adapun jumlah soal atau kuis yang diberikan ini yakni
sebanyak 15 soal pilihan ganda yang menggunakan tampilan atau proses menjawab
yang menarik dan menyenangkan sehingga tidak monoton dan siswa akan lebih
tertarik untuk menjawab soal uji coba tersebut.
Adapun soal latihan atau kuis yang
digunakan pada saat uji coba ini dapat diakses pada link berikut:
https://wordwall.net/play/18903/740/770
Sedangkan hasil uji coba latihan
soal/kuis yang telah dilakukan oleh siswa dapat diakses pada link google drive berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1UAr5Wbvpn24dlDg4e4W-r8S3v0c3El4R?usp=sharing
Hasil uji coba ini
hanya dapat diakses dalam bentuk gambar atau screenshot karena hasil uji coba tersebut tidak dapat dibagikan
dalam bentuk link yang dapat diakses
langsung, karena untuk mengaksesnya harus login
dengan akun yang telah terdaftar pada wordwall.
Kemudian setelah siswa
selesai menjawab soal latihan atau kuis tersebut, maka dilanjutkan dengan
kegiatan diskusi bersama melalui WhatsApp
grup dengan tujuan agar siswa dapat menyampaikan hal-hal yang kurang dipahami
pada saat mengerjakan soal/kuis tersebut, selain itu siswa juga dapat menyampaikan
kendala-kendala maupun hambatan yang dihadapi selama menjawab soal tersebut. Selama
mengikuti kegiatan, masyarakat sasaran memberikan tanggapan atau respon yang
sangat baik sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. Dan
pada akhir kegiatan saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari masyarakat
sasaran sehingga kegiatan hari ini dapat terlaksana dengan baik.