PELATIHAN PEMASARAN PRODUK & STRATEGI PROMOSI UNTUK MASYARAKAT SASARAN
- Oleh Ni Putu Suriantini
- Saturday 24/07/2021
- Kelompok 97, Kelompok, Kelompok
Lokasi KKNbD : Desa Awan, Kintamani, Bangli
Melanjutkan program kerja sebelumnya, saya sebagai perserta KKN sekaligus sebagai generasi milenial menawarkan kegiatan Pelatihan Pemasaran dan Strategi Promosi untuk masyarakat sasaran khususnya di masa pandemic saat ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan pemasaran produk dengan memanfaatkan media social untuk memudahkan masyarakat dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Sebagian besar masyarakat menggunakan social media tidak hanya sebagai alat untuk mencari informasi tetapi social media juga dijadikan sebagai alat pencari rupiah. Dengan memanfaatkan media social untuk proses pemasaran produk hasil pertanian yang sudah diolah akan memberikan keutungan yang lebih besar, namun untuk permulaan awal pemasaran produk bisa dititipkan terlebih dahulu pada warung-warung terdekat. Proses pelatihan pemasaran ini telah dilaksanakan pada 23 Juli 2021 dengan mengirimkan video pelatihan pada whatsApp grup dan juga media youtube. Beberapa masyarakat sasaran sudah mulai menghasilkan produk olahan hasil kebun dan salah satu masyarakat sasaran sudah mulai memasarkan produknya. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, Pak Wayan Adi sebagai petani muda sudah mulai memasarkan keripik singkongnya dengan mempromosikan produk hasil olahan pada media sosial dan juga beberapa produknya dititipkan ke warung terdekat. Ibu Kadek Juli dan masyarakat sasaran lainnya juga sudah memulai mengolah hasil kebunnya seperti pisang, singkong ada juga yang mengolah ubi talas. Pelatihan pemasaran dan strategi promosi dengan memanfaatkan media social ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya dimasa pandemic saat ini.
Berikut saya lampirkan link video Pelatihan Pemasaran Produk dan Strategi Promosi yang di share pada media whatsApp grup dan youtube: